Tokyo Motor Show 2017

Moge Tiga Roda Yamaha Kini jadi Versi Produksi

Ainto Harry Budiawan    •    Kamis, 26 Oct 2017 14:06 WIB
yamaha
Moge Tiga Roda Yamaha Kini jadi Versi Produksi
Yamaha Niken baru akan dikenalkan resmi di Milan, November mendatang. Yamaha

Metrotvnews.com: Tahun lalu Yamaha merilis motor konsep LMW, yang merupakan motor gede (moge) dengan sepasang roda depan. Sosoknya gahar dan ekstrim, banyak yang meragukan motor ini kelak dijual secara umum dan hanya sekedar konsep saja.

Namun gelaran Tokyo Motor Show 2017 jadi ajang pembuktian Yamaha. Motor ini resmi dirilis dan hadir dalam versi produksi dengan nama Yamaha Niken, artinya konsumen yang berminat bisa memilikinya.

Nama Niken sendiri merupakan penggabungan dua bahasa Jepang. Ni berarti dua, dan Ken adalah pedang. Jadi bisa dikatakan arti namanya adalah dua pedang.

Berbasis MT-09, motor ini menggabungkan desain agresif naked bike tersebut dengan sepasang roda depan. Kedua roda depan pun bisa bergerak independent dan masing-masing roda depan dikawal sepasang suspensi.

"Ini leaning multi-wheeler (LMW) bermesin besar, di tenaga mesin tiga silinder segaris. Teknologi LMW akan mampu mengurangi efek perubahan jalan dan memberikan stabilitas tinggi ketika berbelok," tulis Yamaha dalam keterangan resminya.

Secara dimensi, motor ini punya postur panjang 2.150mm, lebar 885mm dan tinggi 1.250mm. Mesinnya tiga silinder segaris, 4-tak, DOHC, pendingin cairan dengan teknologi crossplane.

Di Tokyo motor ini baru dikenalkan, sedangkan peluncuran resminya baru dilakukan November mendatang di Milan Motorcycle Show lengkap dengan data teknisnya. Ini jadi pilihan baru motor roda tiga selain Piaggio MP3 dan Peugeot Metropolis.


(UDA)