Perlengkapan Berkendara

Pasang Pinlock Helm, Jangan Lupa Cabut Film

Ahmad Garuda    •    Senin, 19 Mar 2018 06:49 WIB
perlengkapan berkendara
Pasang Pinlock Helm, Jangan Lupa Cabut Film
Perhatikan cara pemasangan pinlock agar tepat. medcom.id/Ahmad Garuda

Jakarta: Kebanyakan pengendara 'zaman now', tak ingin tanggung-tanggung menggunakan helm. Selain memilih helm yang punya perlindungan bagus, juga tak jarang bikers yang melengkapi helmnya dengan ragam aksesoris seperti pinlock.

Namun masih banyak bikers yang tidak teredukasi dalam pemasangan komponen ini. Bahkan mereka biasanya lupa mencabut layer atau film pelindung pinlock yang berwarna kuning. Padahal jika itu terpasang, akan membuat pandangan jadi sedikit kabur atau kurang presisi untuk mata normal.

Komponen aksesoris helm ini merupakan komponen tambahan yang bisa dipasang di bagian dalam visor helm. Fungsinya adalah mencegah timbulnya embun di kaca helm. Terlebih dalam perbedaan suhu di dalam helm dan di luar yang cukup signifikan.

"Tapi mereka biasanya hanya tahu beli, tahu bergaya, namun tidak tahu bagaimana komponen itu. Misalnya pinlock ini, itu kan ada layer atau film sebagai pelindungnya. Biasanya mereka menempelkan pinlock ini lalu kemudian tak mencabut film yang biasanya berwarna kuning. Padahal itu akan membuat penglihatan tak maksimal," ujar CEO Tara Group, Henry Tedjakusuma kepada medcom.id.

Efek lain yang bisa terjadi terhadap bikers saat plastik atau film pelindung pinlock itu masih terpasang adalah kepala bisa pusing saat melakukan perjalanan. Karena mata dipaksa melihat melalui wadah yang biasnya tak sesuai dengan ukuran standar cahaya yang dibutuhkan mata.

Henry menyarankan agar saat pemasangan pinlock, lebih baik dilakukan di toko helm tempat membeli aksesoris tersebut. Nanti bisa minta pengarahan untuk memperlakukan komponen aksesoris yang satu ini.


(UDA)