Balap Motor

Pembalap Nasional Start 10 Besar di CEV Seri Terakhir

Ahmad Garuda    •    Minggu, 19 Nov 2017 13:54 WIB
balap motor
Pembalap Nasional Start 10 Besar di CEV Seri Terakhir
Dimas Ekky Pratama berupaya meraih hasil bagus di Moto2 DMP

Valencia: Rangkaian balap CEV International Championship, bakal jadi pembuktikan dua pembalap nasional kita yaitu Dimas Ekky Pratama dan Andi Gilang. Dimas harus puas untuk melakukan start di posisi 10, sementara Andi Gilang sudah mulai bisa beradaptasi dalam hal perebutan waktu tercepat.

Pada sesi kualifikasi yang berlangsung Sabtu malam WIB (18/11/20177), Dimas Ekky Pratama memastikan posisi ke-10 untuk balapan CEV Moto2 European Championship dan Andi "Gilang" Farid Izdihar start di grid ke-14 untuk CEV Moto3 Junior World Championship.

Namun seri kali ini diakui cuku menantang bagi dua pembalap muda tersebut. Kondisi suhu yang mencapai 7 derajat di pagi hari disertai angin yang cukup dingin membuat keduanya harus memperkuat konsentrasi saat balapan melawan dinginnya suhu yang menerpa.

Pada kelas CEV Moto2 European Championship, Dimas Ekky menunjukkan kematangan skill balapnya sepanjang sesi kualifikasi berlangsung. Pengalaman balapnya di sirkuit yang sama pada akhir Juni lalu serta keikutsertaannya dalam Grand Prix Moto2 seri Sepang lalu menjadi modal kuat kepercayaan dirinya dan peningkatan skill balapnya.

Beruntung saat Ia terjadi di sesi kualifikasi kedua, Dimas Ekky terpaksa harus menghentikan balapan karena terjatuh di tikungan terakhir di lap pertama. Ia pun mengalami cedera di tangan kirinya.

"Saya tetap optimis menghadapi balapan karena balapan digelar pada jam yang sama dengan kualifikasi pertama. Sehingga saya dapat memprediksi setting motor dan suhu yang akan dihadapi," ujar Dimas Ekky.

Sedangkan Andi Gilang langsung menorehkan posisi 6 besar pada sesi kualifikasi group pertama dengan catatan waktu tercepat 1:40,157 yang dicetak di lap ke-14 dari total 16 lap yang dijalani. Penampilan pembalap muda asal Bulukumba itu tak kalah gemilang.

Hasil kualifikasi dua group peserta menempatkan Andi Gilang di urutan ke-14 balapan CEV Moto3 Junior World Championship seri terakhir di Valencia. Saat ini Andi Gilang menempati posisi ke-15 klasemen sementara CEV Moto3 Junior World Championship dengan total 29 poin.

"Di sesi ini, target saya terus berusaha meningkatkan catatan waktu di setiap lap dan ternyata saya mampu mencetak catatan waktu yang jauh lebih baik dari kualifikasi di sirkuit ini juga Juli lalu. Semoga hal ini membuat saya lebih mampu bersaing pada balapan hari Minggu," ujar Andi Gilang.


(UDA)