Kustomfest 2017

Parade Budaya Kustom, Perlahan jadi Industri

Ahmad Garuda    •    Minggu, 08 Oct 2017 09:17 WIB
kustomfest
Parade Budaya Kustom, Perlahan jadi Industri
Budaya kustom nasional perlahan mulaijadi industri yang harus diperhatikan pemerintah. MTVN/Ahmad Garuda

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Sadar atau tidak, budaya kustom atau cutom culture kini sudah sangat beragam itemnya. Membangun kendaraan (mobil atau motor) dengan ragam aliran dan sentuhan sana sini dan merambah ke gaya hidup, apparel hingga hobi mulai jadi industri sendiri juga jadi pariwisata.

Seperti yang terlihat di gelaran Kustomfest 2017yang dianggap sebagai lebarannya para pecinta budaya kustom tanah air. Di acara ini, ratusan bahkan ribuan karya terbaik anak bangsa, baik itu mobil, motor, sepeda, apparel, gaya hidup hingga hobi, hadir berpadu membentuk budaya kustom.

“Selain wadah kreativitas bagi penggemar otomotif, kami lihat event ini juga memiliki potensi wisata yang baik. Itu terlihat dari banyaknya wisatawan dari berbagai daerah serta turis dari berbagai negara. Sementara dari sisi kepolisian, kami mengharapkan inovasi dari penggemar otomotif dalam berkarya yang berkualitas contohnya dalam membuat sarana transportasi motor untuk masyarakat,” sebut Kapolda DIY Brigjen Pol. Drs. Ahmad Dofiri Msi.

Menariknya, peserta Kustom Bike Show tahun ini mencapai 134 dengan rincian masing-masing untuk Main Class terdiri dari Prostreet 7 motor, European Chopper & Bobber 2 motor, American Chopper & Bobber 15 motor, American Stock Custom 1 motor, FFA 14 motor, Cafe Racer 21 motor, Bagger 5 motor, Japan Chopper & Bobber 5 motor.

Sedangkan di kelas Nitrohead terdiri dari FFA 32 motor, Choppy Cub 4 motor, Old & Retro 16 motor, Matic 1 motor. Sementara kelas khusus yakni Honda Scrambler 5 motor yang ikut didukung PT Astra Honda Motor dan Club Style 6 motor dengan disokong oleh Anak Elang Harley-Davidson.

Untuk display dan peserta kontes mobil di kelas Airkooled terdapat 3 mobil, Muscle Car 5 mobil, Hot Rod Custom 4 mobil, Low Rider 3 mobil, Pickup 7 mobil dan Japan Retro Car 2 mobil. Ada juga highlight khusus Pick Paradise yang menampilkan 7 mobil. Total dispay dan mobil yang didisplay berjumlah 30 mobil.

Program lain yang tak kalah menariknya adalah Indonesia Attack yang diinisiasi khusus untuk mewadahi builder muda Indonesia. Nantinya mereka bisa tampil di ajang Yokohama Hot Rod Custom Show di Jepang Desember mendatang.

"Saya percaya saat ini hasil karya builder Indonesia sudah bisa bersaing dengan builder asing. Lantaran mereka bisa hadir dengan karya-karya terbaik di ajang kustom internasional. Saya berharap dapat menarik perhatian dan pemberitaan dari media-media dari luar negeri sehingga mereka mau datang ke Indonesia dan melihat perkembangan kustom Indonesia,” klaim Direktur Kustomfest Lulut Wahyudi.

Acara puncaknya akan berlangsung pada Ahad yang ditutup dengan pengundian Lucky Draw bagi pengunjung dengan membeli tiket masuk Kustomfest 2017 seharga Rp50 ribu. Lucky Draw yang disiapkan tahun ini adalah sebuah motor Trike Kustom separuh motor separuh mobil. Depan menggunakan konstruksi chopper dan rancang bangun suspensi ala mobil Porsche di bagian belakang yang diberi nama 'Ojo Dumeh'.


(UDA)