Balap Motor

Cuaca Buruk, IBBDRC Seri-2 Pindah ke Sirkuit Sentul

Ekawan Raharja    •    Selasa, 19 Dec 2017 14:47 WIB
balap motor
Cuaca Buruk, IBBDRC Seri-2 Pindah ke Sirkuit Sentul
IBBDRC Seri-2 bakal berlangsung di Sirkuit Sentul Bogor. MTVN/AInto Harry Budiawan

Jakarta: Anak Elang Harley-Davidson of Indonesia bersama SpeedLover Indonesia bakal melanjutkan Indonesian Big Bike Drag Race Championship (IBBDRC). Balapan drag race untuk motor besar seri kedua ini bakal berlangsung di Sirkuit Sentul Bogor pada Februari 2018.

Rencana awalnya IBBDRC Seri-2 ini bakal berlangsung di Malang Jawa Timur. Namun akhirnya rencana itu berubah dan dipindah ke Sirkuit Sentul Bogor karena faktor cuaca yang kurang bersahabat.



Dipilih Sirkuit Sentul karena tempat ini juga dinilai paling representatif untuk menggelar acara drag race. Jaraknya yang mencapai 402 meter di rasa cukup dan sesuai untuk menggelar drag race motor besar oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI)

“Seri pertama telah berjalan dengan sukses, dengan jumlah peserta lebih dari 150 starter, dan para pemenang dari tiga kelas. Untuk itu persiapan seri kedua akan dilakukan dengan lebih matang dengan mempertimbangkan adanya kelas yang ditunda pertandingannya akibat cuaca ekstrim,” tutur Dealer Principal Anak Elang Harley-Davidson of Jakarta, Sahat Manalu, melalui keterangan resminya.


Jusri Puluhubu di ajang IBBDRC Seri-1. Facebook/Jusri Pulubuhu

Kemudian khusus untuk IBBDRC seri-2 ini bakal berlangsung 13 kelas yang dipertandingkan. Jika dirinci terdapat 8 kelas untuk seri-2 dan 5-kelas seri-1 yang tertunda akibat cuaca tidak baik. Kemudian ada juga satu kelas tambahan, jika memungkinkan, yang dikhususkan untuk kategori usia 55 tahun ke atas.

“Dalam seri-1 lalu, para biker senior sempat reuni dengan sesama pencinta motor dan peserta drag race yang terakhir dilakukan 13 tahun lalu. Para biker ini juga merupakan pengendara yang sangat berpengalaman. Tak heran jika para biker kawakan turut serta dalam kompetisi seri-2. Jika dapat dilaksanakan adanya kelas ini akan menambah dinamika IBBDRC,” kata Director Harley Owners Group Anak Elang Jakarta Chapter, Suherli.



Selain itu IBBDRC seri-2 juga akan di buat lebih meriah dengan adanya pameran motor besar, festival kuliner, hingga hiburan musik. "Pengunjung juga akan dilibatkan dalam berbagai games yang sangat menghibur," ujar perwakilan Speedlover Indonesia Djoko Iman Santoso.

Kelas IBBDRC Seri-2:
1. Kelas Street sampai dengan 750 cc
2. Kelas Sportster sampai dengan 1.200 cc
3. Kelas Dyna dan Softail sampai dengan 1.550 cc Evolution & Twin Cam Engine
4. Kelas Dyna dan Softail  sampai dengan 1.900 cc Twin Cam engine
5. Kelas Touring sampai dengan 1.550 cc Evolution & Twin Cam Engine
6. Kelas Touring sampai dengan 1.900 cc Twin Cam Engine
7. Kelas FFA Harley-Davidson Street, Sportster, Dyna, Softail, Touring and Vrod
8. Kelas FFA Umum untuk semua tipe dan dan merk kendaraan bermotor roda 2, minimum 500 cc ke atas

Kelas Tunda IBBDRC Seri-1
1. Kelas Dyna dan Softail sampai dengan 1.900 cc Twin Cam engine
2. Kelas Touring sampai dengan 1.550 cc Evolution & Twin Cam Engine
3. Kelas Touring sampai dengan 1.900 cc Twin Cam Engine
4. Kelas FFA Harley-Davidson Street, Sportster, Dyna, Softail, Touring and Vrod
5. Kelas FFA Umum untuk semua tipe dan dan merk kendaraan bermotor roda 2, minimum500 cc ke atas 


(UDA)