Trial Game Asphalt 2017

Salah Pakai Ban, Doni Tata Tetap Juarai Trial Game Asphalt 2017

Ahmad Garuda    •    Selasa, 19 Dec 2017 10:22 WIB
balap motor
Salah Pakai Ban, Doni Tata Tetap Juarai Trial Game Asphalt 2017
Trial Game Asphalt 2017 dimenangi oleh Doni Tata Pradita. TGA

Malang: Seri terakhir Trial Game Asphalt 2017 di Malang pada 15-16 Desember 2017, menjadi ajang pembuktian primadona baru balap motor trial di lintasan aspal. Doni Tata berhasil meraih title juara umum di dua kelas, yakni FFA 250 cc dan FFA 450 cc, meski Ia sempat salah memilih ban di kelas seperempat liter.

Doni Tata yang punya kans besar menjadi juara umum di kelas FFA 250 dan FFA 450 harus menghadapi kenyataan lain. Ia terpaksa menggunakan ban kering meskipun guyuran hujan membuat balapan berlangsung dengan kondisi wet race.

“Soalnya ban basah saya sudah habis di seri sebelumnya yaitu Yogyakarta dan Purwokerto. Jadi mau tak mau, saya pakai ban kering untuk balapan dan itu menjadi tantangan tersendiri,” tutur Doni yang pernah berlaga di MotoGP ini.

Dalam race bertajuk 'The Battle of Champions' itu, Doni Tata harus bersusah payah melawan para rivalnya yang sudah menyesuaikan ban dengan lintasan basah.Gerry Salim yang baru saja menjuarai Asian Road Racing Championships 2017 dan Farudilla Adam mengambil keuntungan dari kesulitan Doni itu dengan silih berganti menduduki peringkat satu baik di Moto 1 ataupun Moto 2.

Sementara Doni Tata memilih bermain aman demi mengunci target juara umum. Benar saja, meski tak mampu menjadi juara pertama, peroleh poin akumulatif Doni tak dapat dikejar oleh rival terdekatnya. “Karena faktor ban tadi, Saya memilih bermain aman di seri terakhir di Malang ini. Karena target saya memang juara umum,” tutur Doni.

Puncak acara ditutup dengan victory lap yang dilakukan Gerry Salim sebagai juara 1 di kelas FFA 250 seri Malang lengkap dengan pesta kembang api raksasa. Para jawara selanjutnya diajak ke atas podium untuk menerima Trophy dan melakukan selebrasi di hadapan penonton.

Tak heran, ribuan penggemar balap, khususnya Trial Game Asphalt, memadati arena Stadion Kanjuruhan, Malang, sejak hari pertama pembukaan. Keseruan yang pertama dari seri terakhir ini tentu saja muncul dari lintasan balap yang dihuni oleh rider-rider papan atas Indonesia, mulai dari Doni Tata, Gerry Salim, Tommy Salim, Ivan Harry hingga Wawan Tembong.

“Seri terakhir ini menjadi pembuktian bahwa Malang merupakan salah satu basis besar pecinta sport khususnya Trial Game. Meskipun sering hujan, namun antusiasme penonton tetap luar biasa. Apalagi di seri ini tercatat ada 123 rider yang berpartisipasi, dan semuanya berupaya menampilkan aksi terbaik mereka meskipun di bawah guyuran hujan,” ujar Ketua Penyelenggara dari Genta Auto & Sport, Tjahyadi Gunawan lewat pernyataan pers-nya.

Tak kurang, 123 rider berpartisipasi mengikuti seri terakhir ini dengan sembilan kelas balapan. Sementara itu di luar lintasan, keseruan lain diwarnai dengan berbagai atraksi sportainment. Mulai dari aksi hentakan musik eletronik dari Female DJ Baby Glow, hingga atraksi dari freestyler Wawan Tembong yang juga berlaga di lintasan balap ini. 


(UDA)