Industri Otomotif

Yamaha Buka Peluang Bikin Nmax Bertenaga Listrik

Ainto Harry Budiawan    •    Senin, 06 Nov 2017 11:10 WIB
yamaha
Yamaha Buka Peluang Bikin Nmax Bertenaga Listrik
Yamaha bisa saja mencangkokkan mesin listrik untuk Nmax. Yamaha Europe

Metrotvnews.com, Jakarta: Rata-rata motor listrik yang diciptakan brand otomotif, bodinya memiliki dimensi yang lebih kecil. Padahal jika basisnya diambil dari versi yang laris dan jadi jualan yang ada saat ini, tak menutup kemungkinan bisa membuat penjualan brand tersebut meningkat tajam. Misalnya jika Nmax jadi versi motor listrik, rasanya banyak yang bakal penasaran dengan performanya.

"Bisa saja Nmax diubah jadi bertenaga listrik, itu bukan hal yang sulit," kata Dyonisius Bety, Executive Vice President PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) beberapa waktu lalu di Kuningan, Jakarta.

Namun pihaknya masih harus melakukan riset mendalam, agar kelak motor listrik racikan garputala ini bisa sesuai dengan kondisi Indonesia. "Kita tidak bicara siapa duluan, karena secara teknologi Yamaha global sudah siap," lanjutnya.

Sebelumnya pada gelaran Tokyo Motor Show 2017, Honda menghadirkan PCX model anyar. Skutik satu ini hadir deganmesin hybrid dan listrik, sebagai pesaingnya, tentu akan lebih pas jika Nmax listrik hadir untuk menghadapinya.

Beberapa waktu lalu Yamaha mulai melakukan uji coba motor listrik mereka, dengan menggandeng empat institusi lain. Motor yang digunakan adalah E-Vino, skuter listrik dengan bodi yang aslinya mengusung mesin 2-tak 50cc.

Melihat desainnya, rasanya motor listrik ini jika jadi produk yang dijual Yamaha, akan sulit menarik minat. Lain lagi jika menggunakan basis dari motor yang ada saat ini seperti Nmax.


(UDA)