World Supersport 300

Imanuel Pratna Belum Maksimal di Inggris

Ahmad Garuda    •    Rabu, 30 May 2018 11:56 WIB
balap motorpembalap nasionalimanuel pratna
Imanuel Pratna Belum Maksimal di Inggris
Imanuel Putra Pratna terhalang Herrara di WSSP300 Donington Park. Terra e Moto

Inggris: Harapan Imanuel Putra Pratna untuk mendulang poin perdananya di laga World Supersport 300 (WSSP300) Inggris, masih terganjal. Pembalap yang akrab dengan sapaan Elpratna itu malah terjegal pembalap perempuan yaitu Maria Herrera yang juga mantan pembalap di kelas Moto3.

Dilansir dari situs resmi Elpratna.com, bahwa Herrera selalu melakukan late braking sementara saat memasuki tikungan Ia menghalangi lajur pembalap di belakangnya dan menyisakan jarak dengan pembalap di depan. Alhasil kejadian yang selalu berulang itu, membuat Elpratna yang yang berada di belakangnya, tak mampu berbuat banyak.

Balapan yang berlangsung pada Minggu 27 April lalu, menjadi penanda juga bagi pembalap asal DKI Jakarta itu. Padahal start dari posisi grid 15, pastinya memunculkan harapan tinggi bagi pembalap asal DKI Jakarta yang satu ini. Mengingat Ia memang mampu tampil kompetitif saat sesi latihan hingga sesi kualifikasi superpole jika dibandingkan seri-seri sebelumnya. Tapi Ia malah mengalami masalah besar saat balapan.

"Performa motor sudah lumayan bagus dan tidak mengalami masalah. Tapi saya tidak bisa berbuat banyak, karena Maria Herrera selalu melakukan manuver yang cukup ekstrim di zona pengereman. Ia selalu mampu menyusulku saat masuk tikungan, tapi ujung-ujungnya lamban dalam berakselerasi. Makanya jarak dengan grup di depan langsung jauh," kilah Elpratna.

Situasi ini diperburuk dengan mudahnya rombongan Kawasaki yang berada di belakangnya, menyusul dengan cepat. Alhasil posisinya yang sangat potensial meraih finis di zona poin malah melorot ke posisi 17.

Namun Ia merasa bahwa seri-seri berikutnya, Ia bisa tampil kompetitif. Tinggal tunggu momentum tepat untuk menunjukkan performa terbaiknya. Sementara Kawasaki terlihat sangat dominan dan memang di luar batas kemampuan para pembalap Yamaha untuk mengejarnya.


(UDA)