Klub dan Komunitas

Touring Jauh, Bukan Patokan Bikers Sejati

Ahmad Garuda    •    Senin, 02 Oct 2017 14:46 WIB
klub motor
Touring Jauh, Bukan Patokan Bikers Sejati
Menjadi bikers itu, tidak dinilai dari seberapa jauh touring yang telah mereka lakukan. SM

Metrotvnews.com, Jakarta: Banyak yang menganggap bahwa seseorang layak dianggap sebagai seorang biker jika sudah pernah menjelajah atau touring jauh. Menempuh ratusan hingga puluhan ribu kilometer, bahkan hingga ke beberapa negara.

Namun bagi Indrodjojo Kusumonegoro yang dikenal sebagai Indro Warkop DKI, itu bukan persyaratan untuk menjadi seorang biker. Bahkan dengan sederhana Ia mengatakan bahwa menjelajah hingga puluhan ribu kilometer itu hanya perkara uang atau sponsorship dan waktu saja.

"Iya kan? semua orang kalau punya motor, punya duit dan punya kesempatan yang banyak, juga bisa melakukan itu. Tapi apakah itu layak disebut sebagai biker sejati? belum tentu. Tergantung dari perilaku dan sikapnya yang menentukan Ia seorang biker atau bukan," klaim Indro di acara Legendary Bikers Indonesia yang digelar Castrol di Bogor (29/9/2017).

Bikers itu, lanjut Indro, punya rasa sosial yang tinggi, rasa kebersamaan yang besar, kekeluargaan yang alot hingga menjunjung tinggi keberagaman dan perbedaan.

"Tentang apakah saya tidak bisa tampil nyentrik jadi seorang biker? oh silahkan. Tapi tidak lantas itu membuat orang tersebut jadi arogan. Seorang biker malah biasanya selalu senang jika dirinya selalu memberikan manfaat positif terhadap orang lain dan lingkungan sekitarnya. Itu baru layak disebut sebagai seorang biker."

Lelaki yang tenar dengan istilah "Jangkrik Boss!" itu juga menambahkan, bahwa sebenarnya menjadi seorang biker sejati, hanya butuh pemahaman tentang bagaimana Ia berguna untuk orang lain dan lingkungan. Bukan hanya bagi komunitasnya saja, tapi tak terkecuali.

Hal itu Ia tegaskan lantaran banyak juga yang hanya mau berbuat ini dan itu hanya untuk kepentingan komunitasnya saja. Meski positif, tapi jika semua orang bisa menikmati positifity itu, paling tidak Ia sudah menanam banyak kebaikan.

"Kalau tentang rencana untuk touring jauh, saya masih rekomendasi dalam negeri dulu. Masih banyak potensi besar keindahan budaya, alam dan perbedaan yang belum Ia telusuri di Indonesia. Jadi alangkah

Berbicara tentang pengalaman yang paling berkesan selama menjalani hobinya sebagai seorang biker, ada hal yang paling Ia senangi. Yaitu bertemu banyak orang, mendapat teman yang baru, bersosialisasi dengan sesama manusia dan melakukan banyak kegiatan positif, menjadi standarnya.


(UDA)