Mekanik Jebolan SMK juga Bisa Diandalkan

Ekawan Raharja    •    Jumat, 26 Aug 2016 08:28 WIB
honda motor
Mekanik Jebolan SMK juga Bisa Diandalkan
Mekanik jebolan SMK pun bisa diandalkan dan dapat bersaing di tingkat internasional. MTVN/Ekawan Raharja

Metrotvnews.com, Jakarta: Hingga saat ini masih banyak yang memandang sebelah mata kemampuan para lulusan Sekolah Menengan Kejuruan (SMK). Padahal sudah banyak lulusan SMK jurusan otomotif yang dicari oleh agen pemegang merek (APM) untuk bekerja sebagai mekanik.

"Saat ini kami merekomendasikan main dealer untuk merekrut mekanik lulusan SMK binaan kita 30 persen," terang General Manager Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), Wedijanto Widarso, di Astra Honda Training Center, Sunter, Jakarta, Kamis (25/8/2016).

Bahkan Senior Manager Technical Training Department Astra Honda Motor, Handy Hariko, berujar bahwa secara keseluruhan mekanik resmi Honda di Indonesia banyak yang lulusan SMK. Sedangkan di negera-negara seperti Filipina atau Thailand, posisi mekanik banyak ditempati oleh orang-orang berstatus Strata-1 (S1).

"Kita cukup disegani di ajang Asia Oceania, yang terus terang saja kawan-kawan kita di Asia sana itu levelnya S1 sementara kita hanya SMK. Bahkan kita sering dikunjungi untuk dijadikan tujuan studi banding," lanjut Handy Hariko.

Saat ini pabrikan berlogo sayap mengepak tersebut sedang menjalankan program kontes mekanik dengan nama Honda Indonesia Technical Skill 2016. Nantinya pemenang kegiatan ini akan diadu dengan para pemenang kontes serupa dari tahun-tahun sebelumnya, untuk menjadi perwakilan Indonesia di kontes mekanik tingkat Asia OCEAN.

"Sebelumnya, kita sudah tiga kali mengirimkan mekanik ke sana dan kita selalu menempati tiga besar," pungkas Handy Hariko.

Bukan hanya di industri sepeda motor saja, beberapa apm mobil juga melakukan hal tersebut, Mereka mengambil karyawan berprestasi dari sekolah-sekolah yang mereka bina.


(UDA)