Balap Motor

Ali Adrian 'Pecah Telur' di Balap WSS300

Ainto Harry Budiawan    •    Selasa, 16 May 2017 09:40 WIB
balap motor
Ali Adrian 'Pecah Telur' di Balap WSS300
Ali Adrian start dari posisi 26 finish posisi 14. PART

Metrotvnews.com: Putaran ketiga balap World Supersport 300 (WSS300) berlangsung di sirkuit Imola, Italia akhir pekan lalu, 14 Mei 2017. Ali Adrian Rusmiputro, rider asal Indonesia akhirnya berhasil pecah telur, dan mendapatkan poin perdananya.

Satu-satunya pembalap asal Indonesia ini mampu menyelesaikan balapan dengan finish di urutan 14 dari 37 peserta. Catatan waktu terbaiknya 2 menit 13,919 detik, lebih cepat 2 detik dibandingkan saat sesi latihan bebas.

Ali dan pelatihnya kembali melakukan improvisasi dengan mengubah mapping ECU (Electronic Control Unit) pada motornya agar performa Adrian dapat lebih agresif lagi. Namun saat melakukan sesi kualifikasi ia merasakan sedikit permasalahan pada motornya, dan terpaksa harus start dari posisi ke 26.

Maturana, pelatih Adrian mengungkapkan bahwa persiapan dan strategi kali ini lebih maksimal. "Pada balapan kali ini yang diperlukan hanyalah confidence serta fokus, yang tahu kondisi di lintasan hanya Adrian. Strategi kami dari awal hanyalah melaju secepat mungkin sejak start, dan melakukan attack pada pembalap yang ada di depan," ujar Maturana.

Saat race, tikungan pertama dapat dilaluinya dengan baik dan berhasil menduduki urutan ke 22. Hanya membutuhkan satu lap Adrian berhasil berada di posisi 17, setelah sempat sedikit mendapat perlawanan dari Kimi Patova. Kemudian setelah memasuki lap ke 2, Adrian maju ke posisi 16.

“Dari awal start saya sempat melihat rider yang terjatuh, fokus saya hanya menyusul yang berada di depan. Pada akhirnya saya mendapatkan lap time yang bagus dan bisa terus melaju, Alhamdulillah sudah dapat confidence-nya, ritme dengan motor juga semakin baik," tutur Ali

Pada dua seri sebelumnya, Ali banyak dirundung masalah teknis hingga crash. Ali menggunakan motor Yamaha YZF-R3 pada perlombaan ini.


(UDA)