Tips Knowledge

Lama Ditinggal Mudik, Nyalakan Motor Pakai Kick Starter

M. Bagus Rachmanto    •    Kamis, 21 Jun 2018 10:59 WIB
tips knowledge
Lama Ditinggal Mudik, Nyalakan Motor Pakai <i>Kick Starter</i>
Gunakan kick starter untuk menghidupkan motor yang sudah lama tidak dihidupkan. Medcom.id/Ekawan Raharja

Jakarta: Motor yang ditinggal oleh empunya saat mudik tentu saja lama tidak dinyalakan. Kondisi motor yang sudah lama tidak beroperasi memerlukan cara khusus untuk menyalakannya.

Yosi yang buka bengkel Bengbrand di Pondok Timur Indah, Bekasi Timur, Jawa Barat, menyarankan agar motor dinyalakan melalui starter kick. Hindari menghidupkan motor dengan starter electric karena beban dinamo starter akan menjadi berat.

"Oli motor yang lama tidak dinyalakan berada di bawah. Agar olinya naik dan bersirkulasi dengan lancar lagi, sebaiknya menggunakan kick starter," jelas Yosi kepada Medcom.id di Bekasi, beberapa waktu lalu.

Apabila kick starter keras atau macet sebaiknya jangan dipaksakan. "Penyebabnya adalah kotoran seperti debu, pasir, atau kotoran lain menempel di per stopper dan gir. Jika masalah ini dibiarkan terlalu lama bisa menyebabkan korosi dan macet," ujar Yosi

Lebih lanjut Yosi mengatakan, untuk menuntun sepeda motor beberapa meter. Hal ini dilakukan agar kick starter terlumasi terlebih dahulu.

Jika masih tidak bisa digunakan, Anda disarankan membawa sepeda motor kesayangan ke bengkel. "Nantinya, komponen-komponen di kick starter dibersihkan dan diberikan pelumas," tutup Yosi.

Ketika motor sudah menyala, Yosi menyarankan motor untuk tidak digeber-geber. Sirkulasi oli yang belum stabil membuat tidak baik untuk memainkan gas saat motor dipanaskan.


(UDA)