Klub dan Komunitas

10 Komunitas Bikers Ini Punya Program Keselamatan Terbaik

Ekawan Raharja    •    Selasa, 25 Sep 2018 11:07 WIB
klub motor
10 Komunitas Bikers Ini Punya Program Keselamatan Terbaik
SCA 2018 sudah merilis 10 finalis dengan program keselamatan di jalan terbaik. Medcom.id/Ekawan Raharja

Jakarta: Komunitas sepeda motor juga aktif mengadakan program-program yang terkait dengan keselamatan di jalan. Bahkan pada 2018 ini, sudah terangkum 10 komunitas dengan program keselamatan di jalan terbaik.

Ke-10 komunitas ini merupakan finalis Safety Campaign Award (SCA) 2018. Sebuah program dari Adira Insurance yang bertujuan untuk menekan angka kecelakaan di Indonesia.

"Tahun ini untuk kelima kalinya, kami menggelar SCA 2018. SCA digelar sebagai bentuk apresiasi Adira Insurance terhadap komunitas motor yang aktif mengkampanyekan keselamatan di jalan. Lebih jauh dari itu, kami berharap melalui SCA, semakin banyak para bikers dan juga lapisan masyarakat lainnya untuk terus aktif mengkampanyekan keselamatan di jalan. Mengajak orang lain, khususnya juga orang-orang terdekat, untuk berperilaku aman dan selamat selama berada di jalan raya," ucap Business Development Division Head Adira Insurance, Tanny Megah Lestari, melalui keterangan persnya.

Seluruh peserta yang mendaftar, ada 120 peserta di tahun 2018, mengisi formulir beserta memilih tema kampanye yang akan digunakan saat mengikuti SCA. Setelah itu dipilih Top 50 dari peserta yang sudah mendaftar dan akan didampingi oleh mentor untuk mengikuti tahap pembuatan proposal.

Hingga saat ini telah terpilih 10 komunitas terbaik yang akan lanjut ke tahap implementasi. Tahap ini, 10 finalis SCA didampingi oleh mentor-mentor yang telah handal di bidang road safety untuk mengimplementasikan kampanye keselamatan jalan yang telah dirancang pada tahap proposal. Tahap akhir dalam rangkaian kegiatan SCA adalah Tahap Presentasi dimana komunitas atau klub motor yang terpilih akan diundang untuk melakukan presentasi di depan dewan juri.

"Peserta SCA setiap tahunnya meningkat, itu artinya semakin banyak pula yang peduli akan pentingnya keselamatan di jalan. Kami masih terus konsisten untuk mengajak komunitas motor dikarenan mereka adalah komunitas dengan semangat solidaritas yang cukup kuat dan selalu menyebarluaskan virus road safety saat berkendara,” ungkap Tanny.

Pengumuman 10 finalis SCA 2018 sudah dilangsungkan pada Sabtu (22/9/2018) di Graha Adira Jakarta. Ketua Dewan Juri SCA 2018, Edo Rusdyanto, di kala itu juga memberikan informasi hal-hal yang harus dilakukan saat implementasi programnya.

“Berbeda dengan tahun sebelumnya, Finalis SCA 2018 merupakan komunitas-komunitas baru yang mengikuti ajang ini. Itu artinya pesan dari Adira Insurance untuk mengajak komunitas motor mengikuti ajang ini telah berhasil," komentar Edo.

10 FINALIS finalis SCA 2018:
1. CBR Club Indonesia (CCI) Region Bekasi
2. CBR Tangerang Club (CBR TAC)
3. GSX Community Nusantara
4. Independent Bikers Club (IBC)
5. Komunitas Suzuki Thunder Indonesia (Koster)
6. KUTU Community
7. Suzuki Satria F 150 Club (SSFC) Region Depok
8. Sym Club Indonesia (SymCI)
9. Verza Rider Community Indonesia (VRCI) Region Bekasi
10. Vixion Bekasi Club (VIXBEC)


(UDA)