Tak Hanya Mobil, Motor Masa Depan juga Bisa Self Riding

Ekawan Raharja    •    Selasa, 30 Aug 2016 17:49 WIB
autonomous
Tak Hanya Mobil, Motor Masa Depan juga Bisa <i>Self Riding</i>
Charles Bombardier membayangkan sepeda motor masa depan juga akan berteknologi otonom. Ashish Tulkar

Metrotvnews.com: Saat ini pabrikan roda empat sedang berlomba-lomba menghadirkan mobil berteknologi otonom atau mobil tanpa supir. Namun gagasan ini tampaknya tidak hanya berlaku untuk mobil, sepeda motor pun direncanakan memiliki teknologi serupa.

Hal ini yang coba dicetuskan oleh ahli mesin dan pemikir transportasi, Charles Bombardier, saat merancang sepeda motor. Dia merancang sepeda motor masa depan tersebut dengan lembaga pendidikan Ashish Thulkar.

"Ini saatnya untuk memikirkan, mendesain, dan mengembangkan kendaraan untuk perkotaan. Kendaraan yang ajan meminimalisir jejak kaki, dapat digunakan di beragam cuaca, dan digerakan oleh tenaga listrik," terang Charles Bombardier seperti dikutip dari Autoevolution.

Charles Bombardier saat ini sedang mengembangkan sepeda motor yang diberi nama Cyclotron. sepeda motor konsep tersebut terinspirasi oleh Tron Light Cycle dan Lil Motors yang bisa menyeimbangkan sendiri tanpa bantuan kaki pengendaranya.

Jika menilik desainnya, Cyclotron masih menggunakan dua roda untuk bergerak. Hanya saja terdapat kabin di antara dua roda, dan muat untuk dua penumpang yang duduk berhadapan.

Tentu saja saat ini desain Cyclotron milik Charles Bombardier masih terlalu dini untuk direalisasikan. Tapi tak menutup kemungkinan, sepeda motor masa depan ini segera mengaspal di jalanan.


(UDA)