Suzuki Tutup Pabrik Motornya di Malaysia

Ainto Harry Budiawan    •    Senin, 05 Sep 2016 10:42 WIB
suzuki
Suzuki Tutup Pabrik Motornya di Malaysia
Penjualan kecil, alasan Suzuki tutup pabrik di Malaysia. Aziatischetijger

Metrotvnews.com: Meski penjualannya tak terlalu baik saat ini, Suzuki di Indonesia masih terus memproduksi sepeda motornya sendiri. Bahkan salah satu produknya yakni skutik Address diproduksi untuk memenuhi pasar global.

Tapi nasib terbalik terjadi di negara tetangga, Malaysia. Permintaan sepeda motor Suzuki yang rendah dan melemah membuat pabrikan Jepang itu tak lagi mampu memproduksi sendiri produk sendiri.

Untuk memenuhi kebutuhan pasar, pihak setempat akan mendatangkan motor secara utuh dari Jepang. Hal ini karena penjualan motor di Malaysia hanya 8 ribu unit untuk 2016.

Dituliskan Motomalaya, angka tersebut separuh dari penjualan di periode yang sama pada 2013. Dengan keuntungan yang tipis bahkan minus, pihak Suzuki Motor Corp. di Jepang memutuskan menutup pabrik motornya.

Pihak Suzuki pusat menargetkan 1,44 juta sepeda motor pada 2016. Tapi saat ini penjualan mereka melemah khususnya untuk pasar Asia dan target tersebut akan sukar tercapai.

Tentu banyak yang berharap pabrikan satu ini bangkit dan kembali pada masa-masa jayanya. Ya saat medio 1990-an hingga 2000-an adalah masa-masa yang apik bagi pabrikan berlogo S prisma tersebut.


(UDA)