MotoGP Batasi Gestur Tak Sopan Para Pembalap di Lintasan

Ainto Harry Budiawan    •    Senin, 26 Sep 2016 10:16 WIB
balap motor
MotoGP Batasi Gestur Tak Sopan Para Pembalap di Lintasan
Dorna Sports membatasi gerak tangan selama di lintasan setelah kejadian yang dilakukan Valentino Rossi kepada Aleix Espargaro. Dorna Sports

Metrotvnews.com: Panitia penyelenggara MotoGP membuat peraturan baru yang berlaku untuk seluruh peserta MotoGP. Aturan baru ini mengatur gestur atau gerak tangan para pembalap saat berada di lintasan. Bagi mereka yang melanggar akan dikenai denda.

Aturan baru ini diinfokan lewat surat elektronik setiap pembalap di antara jeda balap MotoGP San Marino dan menjelang seri Aragon kemarin. Crutchlow jadi salah satu yang tak setuju dengan aturan baru ini, karena dia sendiri kerap melakukan gestur dengan tangannya.

"Kami tak ingin membawa gestur negatif ke dalam olahraga ini, tapi aturan baru ini saya tak setuju. Barangkali ini juga akan membuat saya bangkrut," katanya dituliskan Jalopnik.

Peraturan ini datang usai insiden antara Valentino Rossi dan Aleix Espargaro saat sesi latihan bebas di San Marino. Kala itu Rossi menilai Espargaro menghalangi racing line-nya sedangkan rider Spanyol itu sudah berjalan lambat.

"Espargaro melakukan kesalahan besar karena tetap di jalur. Ketika saya melewatinya dia ucapkan kata kasar kepadaku. Kesalahan saya memang mengangkat jari tengah ke arahnya, tapi di luar itu saya tetap merasa benar," kata Rossi.

Untuk saat ini, aturan dan denda tersebut akan berlaku ketika para pembalap sedang berada di lintasan. Jadi bisa saja di luar lintasan gestur-gestur provokasi dan kemarahan tetap ada namun tak tersorot kamera.



(UDA)