Modifikasi Motor

Ducati F1R Garapan Rebellion, Bangkitkan Aura 80-an

Ahmad Garuda    •    Jumat, 08 Sep 2017 19:14 WIB
modifikasi motor
Ducati F1R Garapan Rebellion, Bangkitkan Aura 80-an
Ducati F1R garapan Rebellion of The Machine ini seakan menegaskan reinkarnasi terbaiknya. Rebellion

Metrotvnews.com: Melakukan restorasi motor-motor klasik bukan perkara mudah. Bukan hanya komponen dan mesin yang sulit dan mungkin sudah tidak diproduksi lagi, juga berkaitan dengan alasan mengapa motor itu harus dibangkitkan kembali.

Ducati F1R ini salah satunya. Jika kita sekarang menggambarkannya sebagai motor yang dulunya mungkin punya sejarah terbaik, namun faktanya tidak begitu. Mengingat era 80-an hingga 90-an, bukanlah era terbaik bagi Ducati untuk memproduksi sebuah motor.

Banyak kesalahan atau hal yang membuat mereka kalah telak dari pesaingnya. Salah satunya adalah kualitas cat yang kurang bagus. Sehingga wajar jika banyak yang menganggap bahwa mengoleksi Ducati era 80-an itu punya tantangan yang sangat besar.

Tapi bengkel restorasi bernama Rebellion of The Machines ini, justru merasa tertantang dengan proyek yang mereka kerjakan baru-baru ini. Yaitu sebuah Ducati F1R yang terlihat jadi powerfull, desain ciamik ala 80-an yang disempurnakan ala era millenial.

Mereka bahkan tak ragu untuk mengambil komponen rakitan baru yang memang dibutuhkan untuk membuatnya jadi lebih hidup. Misalnya lampu utama yang dicomot dari motor sport klasik Suzuki dan masih banyak beredar di pasaran. Kemudian mesin Ducati versi M900 milik Ducati Monster 1993 juga mereka catut di sini.

Bagian tersulitnya adalah karena mereka harus membangun ulang sistem karburator yang cukup kompleks. Bagian dalamnya dibangun ulang sehingga teknologi komponen kendaraan yang sudah ditinggalkan itu masih bisa bekerja dengan baik.

Tapi jangan salah, meski banyak bagian yang direstorasi sepenuhnya, tapi untuk urusan sistem akses ke mesin, dibuat lebih bergaya secara mekanis. Yaitu tangki yang bisa dibuka ke atas dengan sistem khusus. Sayangnya mereka tidak menyebutkan tentang sistem yang dipakai apakah sudah motorize atau masih menggunakan sistem hidrolis.

"Kami sudah lama menangani restorasi motor-motor Honda klasik yang memang sudah jadi keahlian kami di bengkel ini. Tapi masuknya Ducati F1R ini, jadi fase terbaru bagi kami. Pastinya semua motor yang kami bangun akan berdasarkan pada motto kami membangun sebuah motor. Yaitu lebih ringan, lecih cepat, dan lebih baik di segala sisi dan bagiannya," klaim restorator Rebellion of The Machines, Adolfo Calles.

Hasil pekerjaan mereka memang patut diacungi jempol. Lantaran apa yang mereka lakukan di Ducati F1R ini memang cukup sempurna. Setidaknya aura racing F1R tetap ada dan seakan menegaskan bahwa tipe ini akan mengobati kekecewaan para penunggang Ducati dulunya.



(UDA)