Balap Motor

Ana Carrasco, 'Kaum Hawa' Pertama yang Menang di Balap Motor Dunia

Ainto Harry Budiawan    •    Senin, 18 Sep 2017 19:54 WIB
balap motor
Ana Carrasco, 'Kaum Hawa' Pertama yang Menang di Balap Motor Dunia
Ana mengungguli rider pengguna Yamaha YZF-R3 dengan Kawasaki Ninja 300 miliknya. Mundo Deportivo

Metrotvnews.com: Kelas baru World Supersport 300 (WSS300) yang pertama kali diadakan tahun ini bersamaan dengan seri World Superbike (WSBK) membuat sejarah. Pembalap perempuan asal Spanyol yaitu Ana Carrasco memenangi balap kelas pemula tersebut.

Ana jadi wanita pertama yang menjuarai seri balap motor dengan level kejuaraan dunia. Ana memenangi balapan di Portimao, Portugal pada Minggu (17/9/2017) yang juga diikuti rider Indonesia Ali Adrian dan Galang Hendra sebagai wild card.

Kemenangan Ana pun tidak mudah, Ia bersaing ketat dengan dua rider lain, yakni Alfonso Coppola dan Marc Garcia. Ana melesat selepas tikungan terakhir, dan finish ketiganya tipis, hanya selisih 0,053 detik dan 0,062 detik.

Nasib baik rider asal Spanyol itu terlihat sejak sesi kualifikasi dan berhasil jadi rider ketiga tercepat. Ini juga untuk pertama kalinya Ana start dari baris terdepan.

"Saya sangat senang dengan hasil ini. Saya ingin membaginya dengan seluruh tim. Kami bekerja sangat keras, dan membuat peningkatan ditiap seri, saya sangat senang dan berterimakasih kepada mereka dan sponsor," kata Ana.

Berkat poin maksimal yang diraih, kini rider 20 tahun ini naik ke posisi tujuh dari 11 di klasemen sementara. Dan tentu saja, berita kemenangan Ana mewarnai banyak media.


(UDA)