Motor Balap

Suter MMX 500 2-tak, Aura Balapnya Kental!

Rifki Rahman    •    Selasa, 11 Jul 2017 17:14 WIB
motor balap
Suter MMX 500 2-tak, Aura Balapnya Kental!
Suter MMX 500, menghidupkan kembali legenda balap GP500.

Metrotvnews.com: Suter MMX bisa dikatakan pemain lama di ajang balap MotoGP 2-tak. Untuk mengenang masa-masa kejayaannya motor 2-tak versi ini mulai dibuat versi replikanya di 2015. Memang peminat ajang grand prix 2-tak juga tak begitu populer. Namun bagi pecinta kecepatan, akselerasi dan juga kolektor, ini adalah pilihan yang tepat.

Suter MMX 500 ini tidak dilengkapi alat bantu seperti throttle ride-by-wire, tidak ada standar kaki, spion, ataupun lampu. Motor ini hanya bertujuan mencapai kecepatan maksimalnya dan komponen yang tidak mendukung itu tidak akan hadir dalam motor ini.

Motor 2-Tak berkapsitas 576 cc ini, memiliki seri mesin V4 khusus seri balap dengan air radiator untuk paduan fuel injection yang mengakibatkan MMX 500 memiliki tenaga setara 195 daya kuda di puturan mesin maksimal 13.000 RPM.

Mempertahankan eksistensi GP500 adalah sebuah kesulitan yang harus dipatahkan. Dan motor ini hadir dengan motivasi berupa sasis berbahan alumunium twin-spar berteknologi modern. Untuk bagian peredam kejut di depan, dipercayakan kepada Ohlins TTX GP.

Kemudian di bagian pengereman yang lebih atraktif dipercayakan kepada Brembo. Sedangkan body dan tangki bahan bakar dilapisi serat karbon.

Secara keseluruhan, motornya cukup menggoda bagi mereka yang cukup maniak kecepatan. Semuanya ditata persis seperti seharusnya, hampir tidak ada kabel yang bisa dilihat dan setiap bagian diletakkan secara obsesif di tempat yang semestinya. Perhatian terhadap detail terlihat apik.

Motor ini hanya diproduksi 99 unit untuk umum oleh pabrikan Swiss dengan harga $135.000 yang akan disebar di Amerika Serikat.


(UDA)