Motor Konsep

Honda Pamer Superbike Edisi Suzuka 8 Hours

Ainto Harry Budiawan    •    Rabu, 04 Apr 2018 09:00 WIB
honda motor
Honda Pamer Superbike Edisi Suzuka 8 Hours
CBR1000RR Fireblade SP versi Suzuka 8 Hours, akan diproduksi massal. MCN

Tokyo: Di tanah kelahirannya, Honda sangat mendukung balap superbike seperti Japan Superbike (JSB) dan balap ketahanan Suzuka 8 Hours. Untuk balapan yang kedua tadi, Honda bertekad kembali memenangi kejuaraan balap bergengsi itu.

Mereka pun memamerkan CBR1000RR Fireblade SP edisi khusus Suzuka 8 Hours. Takumi Takahashi, yang sudah berpengalaman dan kerap juara di sirkuit Suzuka, diplot sebagai test rider.

Menariknya, versi konsep ini akan segera dibuatkan versi massal. Tapi dituliskan MCN, untuk versi replika dan dijual bebas, hanya tersedia untuk pasar Jepang saja.

Sekarang mari bicara spesifikasinya. CBR1000RR Fireblade SP dimodali mesin 999cc bertenaga 189 daya kuda dan dilengkapi paket elektronik lengkap, termasuk suspensi adjustable yang bisa diatur secara elektrik, racikan Ohlins.

Pelek super ringan dari OZ Piega, master rem Brembo RCS dipasangkan dengan kaliper rem Brembo monoblock. Lalu ada Agras rearset, GB Racing case cover, sepakbor karbon dari Active, pengaturan tuas Gilles Tooling dan knalpot Akrapovic.

Tak ketinggalan grafis bodi motor identik balap Suzuka dari Honda. Balap Suzuka 8 Hours sendiri melombakan motor-motor superbike serta diikuti banyak pembalap baik lokal Jepang maupun dunia yang ikut MotoGP dan World Superbike.


(UDA)