Dakar Rally 2019

Sherco TVS Bikin Kejutan, Price Selangkah Lagi Menang

Ahmad Garuda    •    Kamis, 17 Jan 2019 11:00 WIB
balap motoryamahaktmhonda motorhusqvarnadakar rally
Sherco TVS Bikin Kejutan, Price Selangkah Lagi Menang
Michael Metge sanggup menangi etape-9 menggunakan Sherco TVS. Dakar

Peru: Mengitari gurun pasir yang mengelilingi Pisco, bukan hal yang mudah bagi para pereli di kategori motor, Dakar Rally 2019. Para pereli harus menempuh jarak sejauh 409 km pada Rabu (16/1/2019) dan uniknya Michael Metge yang menggunakan Sherco TVS, malah menunjukkan tajinya meraih kemenangan etape-9.

Tentu ini menjadi kejutan besar, lantaran motor produksi India itu baru kali ini sejak keikutsertaan mereka beberapa tahun lalu, baru meraih kemenangan. Apalagi di trek yang dianggap kurang membutuhkan skill navigasi terbaik. Artinya, kemampuan mekanis motor ini bisa diakui.

Ia bersama dengan Daniel Nosiglia yang merupakan pereli tim privatir yang menggunakan Honda CRF 450, sangguo memberikan kejutan bagi para pereli yang selama ini mendominasi kemenangan etape.



"Ini adalah balapan yang sangat panjang bagi kami dan saya mengawali balapan dengan sangat baik di etape ini. Saya dan Daniel bertarung satu sama lain sepanjang jalannya etape. Sempat stress juga karena aksi saling susul tetap berlangsung selama jalannya etape-9. Tapi pada akhirnya kami bisa meraih hasil terbaik," bangga Metge.

Bagian yang menarik adalah karena keunggulan Toby Price di klasemen sementara, kini terancam oleh Husqvarna, Pablo Quintanilla. Selisih poin mereka hanya terpaut 1 menit dan ini sangat tipis kalau mengambil patokan selisih waktu finish di setiap etape.

Hasil ini pula yang membuka peluang besar bagi Quintanilla membawa brand Husqvarna sebagai pemenang Dakar Rally 2019. Meski menggunakan mesin yang sama dengan KTM, namun secara brand image ini adalah dua hal yang berbeda.

Hasil etape-9 Dakar Rally 2019:
1. Michael Metge, Sherco TVS, 3h 46m 38s
2. Daniel Nosiglia Jager, MEC HRC, +2m
3. Pablo Quintanilla, Husqvarna, +3m 28s
4. Matthias Walkner, KTM, +3m 29s
5. Toby Price, KTM, +3m 29s

Klasemen sementara Dakar Rally 2019:
1. Toby Price, KTM, 32h 43m 15s
2. Pablo Quintanilla, Husqvarna, +1m 02s
3. Matthias Walkner, KTM +6m 35s
4. Andrew Short, Husqvarna +40m 01s
5. Xavier de Soultrait, Yamaha +47m 44s


(UDA)