Balap Motor

Gupita Pecah Rekor Lap Tercepat, Richard Juara

Ahmad Garuda    •    Kamis, 13 Dec 2018 06:26 WIB
balap motoryamaha
Gupita Pecah Rekor Lap Tercepat, Richard Juara
Richard Taroreh jadi juara di laga balap Sport 150 cc Indospeed Race Series seri terakhir. Yamaha

Sentul: Gelaran pamungkas Indospeed Race Series (IRS) 2018 di Sirkuit Sentul Internasional yang berlangsung pada Rabu-Kamis ini (12-13 Desember), ternyata cukup seru. Meski digelar di weekday, namun dua kelas utama, yaitu Kejurnas Sport 150 cc dan Kejurnas Sport 250 cc berlangsung menarik.

Beberapa pembalap seperti dari tim Yamaha Oryza, Gupita Kresna sukses memecahkan rekor lap tercepat Kejurnas Sport 150 cc IRS 2018 Sentul dengan torehan waktu 1 menit 47,608. Perfoma motor YZF-R15 Gupita Kresna terbukti menjadi terbaik saat sesi kualifikasi.

Rekor sebelumnya diraih oleh Wahyu Aji (Yamaha HDS) yang dicetak di seri awal IRS 2018 Sentul pada 17 Maret lalu dengan ukiran waktu 1 menit 47,794 detik. Ini menjadi bukti bahwa performa Yamaha YZF-R15 terus berkembang signifikan. Ukiran waktu semakin tajam dari waktu ke waktu.

Sementara jalannya race pertama (1) dari Kejurnas Sport 150 cc yang berlangsung selama 10 lap, rider Yamaha kembali membuktikan dominasinya. Richard Taroreh (Yamaha 549 Kaboci) sukses meraih podium juara Kejurnas Sport 150 cc dan posisi runner-upnya milik Reynaldi Pradana (Yamaha HDS). Mereka berjarak 0,378 detik.

“Puji Tuhan, saya meraih podium pertama kembali di penghujung seri ini. Di seri ini, saya benar-benar mengikuti ritme balapan dan mengatur strategi untuk tidak lepas dari rombongan pertama. Jelang lap akhir saya mulai push untuk mendekati Wawan Wello. Sayangnya tikungan terakhir Wello crash dan saya langsung ambil alih posisi pertama sampai finish," ucap Richard Taroreh.

Mengacu pada hasil tersebut, maka para pembalap Yamaha secara total meraih 100 persen podium terbaik dan runner-up untuk semua seri IRS 2018 Sentul yang telah dihelat sebanyak 5 putaran. Jadi selalu milik racer Yamaha.

Tentu saja, kemenangan ini menggenapi predikat juara nasional Sport 150 cc yang sudah dipastikan Richard Taroreh sebelum balapan dimulai. Jadi memang pundi nilainya Richard Taroreh dalam klasemen sementara sudah tidak terkejar lagi sebelum putaran ke-5 ini diselenggarakan.

Bagian menarik lainnya, untuk penyelenggaraan sesi kualifikasi dan race pertama (1) kelas Kejurnas Sport 250 cc harus tertunda karena kondisi trek Sentul yang diguyur hujan deras. Sebelumnya sempat dilakukan sesi Free Practice atau latihan bebas.

Pelaga tim Yamaha RRS, Rey Ratukore sudah sangat optimis dapat memperoleh grid depan dalam kualifikasi Kejurnas Sport 250 cc berdasarkan data catatan waktu dalam latihan bebas yang berada di catatan 1 menit 44,185 detik. Rey ada di urutan ke-3 dalam latihan bebas Kejurnas Sport 250 cc.


(UDA)