Motor Listrik

Harley Davidson Pamer Motor Listrik Konsep

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 30 Jan 2019 11:40 WIB
motor listrikharley-davidson
Harley Davidson Pamer Motor Listrik Konsep
Sepeda motor listrik konsep baru Harley Davidson. Rideapart

Amerika Serikat: Perkembangan teknologi di industri otomotif dunia membuat sejumlah pabrikan mobil dan motor berlomba mengembangkan produk ramah lingkungannya. Tak terkecuali Harley-Davidson yang dikenal sebagai produsen motor besar.

Beberapa waktu lalu Harley-Davidson mengumumkan motor listrik pertamanya, bernama Livewire yang bakal meluncur di 2019. Terbaru, diberitakan Rideapart, Harley-Davidson memamerkan model konsep atau protoype motor listriknya.

Dalam video berdurasi singkat, terlihat peraih medali motorcross X-Games asal Australia, Jackson 'Jacko' Strong menjajal protoype motor listrik Harley-Davidson di pengunungan Aspen yang bersalju. 


Protoype Novus

Dari penampakannya, motor listrik yang wujudnya seperti sepeda itu memakai ban sepeda yang ukurannya agak besar dibanding sepeda biasa. Kemudian motor dan gir roda terhubung menggunakan belt sebagai penggeraknya, dan tanpa kopling.

Meski dalam video tersebut tidak disebutkan namanya, namun diketahui ini merupakan sepeda motor listrik yang didanai oleh Harley-Davidson. Sayangnya tidak dijelaskan secara detail tentang jangkauan baterai dan performanya.

Degan begitu, kehadiran motor listrik garapan Harley-Davidson ini menambah panjang deretan produsen motor yang juga serius mengembangkan motor bertenga listrik. Seperti Novus Bike yang juga menciptakan motor konsep, yang terinspirasi dari desain sepeda listrik dan motor listrik, dijuluki Novus, yang dipamerkan di ajang Consumer Electronics Show (CES) 2019 di Las Vegas, Amerika Serikat (AS), awal Januari 2019 lalu. Lihat video di sini.


(UDA)