Mobil Baru

Suzuki Swift Baru Pakem Global Nongol di Thailand

Ainto Harry Budiawan    •    Senin, 19 Feb 2018 11:52 WIB
suzuki mobil
Suzuki Swift Baru Pakem Global Nongol di Thailand
Suzuki Swift di Thailand usung mesin 1.200cc Dualjet. Suzuki

Bangkok: Pasar mobil segmen hatchback masih jadi andalan sebagian besar brand otomotif dunia. Bahkan mereka membuat desain global untuk menyamakan persepsi dunia terhadap mereka mereka. Seperti yang dilakukan Suzuki, kali ini mereka mengusung Swift 2018. Mobil ini sudah masuk generasi ketiga sejak pertama kali diluncurkan 2004 lalu.

Secara visual, Swift versi negara tetangga tersebut punya desain yang mengarah ke pasar global. Berbeda dengan versi India di bagian grill dan pelek yang diusungnya.

Untuk versi Thailand, grill mobil ini mengusung model sarang tawon dengan logo S prisma besar, dikawal garis merah horizontal untuk versi tertinggi. Berkesan sporty, sayang pelek yang diusungnya justru terlihat kurang pas, karena cenderung elegan.

Dimensinya cukup kompak, panjang 3.840mm, lebar 1.735mm dan tinggi 1.495mm. Sumbu roda mencapai 2.450mm dan dibangun dengan platform terbaru Suzuki, Heartech.

Mesinnya bukan 1.500cc atau 1.400cc seperti yang ada di Indonesia saat ini, karena disana mobil ini mengusung jantung mekanis 1.200cc K12M Dueljet. Mesin ini bertenaga 81,8 daya kuda, dengan torsi 108 Nm, berpadu transmisi otomatis CVT.

Fitur-fitur andalannya ada lampu LED projector, LED DRL, lam belakang LED, layar hiburan 7 inci, AC climate control, cruise control, keyless entry & push button start, serta enam airbag.

Peluang mobil ini masuk pasar Indonesia cukup besar, karena Swift masih diniagakan oleh Suzuki Indonesia. Tinggal menunggu penyesuaian dan perhitungan tersendiri, mau mengambil dari India, Thailand atau merakit secara lokal.


(UDA)