Balap Motor

Honda dan Yamaha Susun Trik di Balapan Asia

Ainto Harry Budiawan    •    Senin, 11 Dec 2017 08:58 WIB
balap motor
Honda dan Yamaha Susun Trik di Balapan Asia
Gerry amankan gelar juara AP250. AHM-YIMM

Jakarta: Asia Road Racing Championship (ARRC) jadi ajang balap motor paling bergengsi saat ini di Asia. Banyak rider Indonesia yang turun balap bersama tim-tim pabrikan motor Indonesia.

PT Astra Honda Motor (AHM) misalnya, mereka sukses di balap Asia Road Racing Championship (ARRC) dengan juara umum kelas Asia Production 250 (AP250) lewat Gerry Salim, yang menunggangi Honda CBR250RR. 

"Capaian tahun ini puas, apalagi ARRC itu jadi level tertinggi, memang ada WSBK dan MotoGP, tapi mereka kebanyakan di Eropa, jadi ini tetap yang paling tinggi di Asia," kata Anggono Iriawan, Senior Manager Safety Riding & Motorsport AHM.

Mengenai tahun depan, susunan pembalap belum ditentukan siapa yang turun balap Asia atau nasional. Anggona juga sempat menanggapi rencana ARRC yang akan mengadakan kelas Superbike 1000 mulai tahun 2019.

"Kita belum tahu, itu butuh banyak persiapan sih, tidak cuma rider saja. Kalau motor kita ada, tapi ini memang perlu persiapan banyak," sambung Anggono disela Kejurnas Sport 250cc.

Sedangkan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengaku masih akan fokus balap ARRC kelas AP250. Mereka pun kabarnya sudah melakukan seleksi untuk pembalap barunya.

"Namanya sudah ada, rencana tiga rider tergantung budget. Kami akan tetap ikut untuk menjaga irama kompetisi. Menang atau kalah, itu menjadi resiko kami. Balapan itu bagaimana pembalap muda punya jam terbang lebih banyak," kata M. Abidin, GM Aftersales & Motorsport YIMM.

Seperti diketahui, dua rider Yamaha di AP250 Galang Hendra Pratama akan ikut balap World Supersport 300. Sedangkan Rey Ratukore akan menjadi mentor, mengingat dirinya pernah ikuti latihan khusus di Jepang, meski Yamaha kerap memberikan kesempatan untuk balap bagi Rey.


(UDA)