Test Ride

Jajal Motor Listrik Yamaha E-Vino

Ainto Harry Budiawan    •    Sabtu, 11 Nov 2017 08:48 WIB
motor listrikyamaha
Jajal Motor Listrik Yamaha E-Vino
Yamaha akan menyesuaikan motor listriknya dengan kondisi Indonesia. MTVN/ A. Harry Budiawan

Jakarta: Beberapa waktu lalu Yamaha Indonesia mulai melakukan tes pasar untuk motor listrik. Mereka juga menghadirkan skuter E-Vino untuk digunakan oleh empat instansi yang jadi rekan mereka.

Metrotvnews.com pun berkesempatan mencoba motor ini. Desain bodinya sama persis dengan Vino, skuter bermesin bensin, 2-tak yang cuma punya kapasitas 50 cc saja. Hanya beda ada stiker electric untuk penanda.

Dimensinya kecil, panjang 1.675 mm, lebar 670 mm dan tinggi 1.030 mm saja. Jarak sumbu rodanya pun cuma 116 cm. Suspensi depan teleskopik, belakang monosok dan rem tromol dikedua roda.

Tentunya bagasi luas motor ini jadi lokasi dua buah baterai lithium ion berdaya 50 volt berada. Baterai ini bisa dilepas dan pasang dengan mudah, pengisian ulang baterai bisa dilakukan selama tiga jam hingga penuh.

Bertenaga listrik, motor ini punya tiga mode berkendara, yakni Standar, Power dan Boost. Mode Standar untuk mencapai jarak tempuh yang lebih jauh, dan Boost untuk melewati tanjakan.

Yang kami rasakan mode Boost punya torsi yang lebih besar untuk tarikan awal. Sedangkan Power akselerasi lebih cepat, tapi kami tak bisa menguji kecepatannya karena area yang terbatas.

Dengan area yang dibuat slalom, handling motor ini sangat lincah. Salah satu penunjang adalah bobotnya yang hanya 66 kilogram saja. Belum lagi diameter rodanya yang mungil, bermanuver terasa mudah.

Di Jepang, Yamaha membanderol E-Vino di kisaran harga 219.000 Yen atau setara Rp24 jutaan. Namun untuk Indonesia, rasanya bukan motor ini yang akan dijual oleh Yamaha kelak.
 


(UDA)