Pasar Busi Potensial, NGK Penetrasi di Segmen Mobil

   •    Sabtu, 20 Aug 2016 19:17 WIB
komponen aftermarket
Pasar Busi Potensial, NGK Penetrasi di Segmen Mobil
Pasar busi nasional masih punya potensi yang sangat besar. MTVN/Ahmad Garuda

Metrotvnews.com, BSD City: Komponen fast moving seperti busi pada mesin mobil, motor atau mesin industri, cenderung diabaikan lantaran dianggap cuma bagian kecil. Harga murah untuk tipe biasa, juga tak membuat orang ambil pusing untuk membeli busi baru. Namun ternyata potensi bisnis komponen pemantik api ini sangat besar di pasar nasional.

Hal inilah yang ditegaskan oleh salah satu produsen busi dengan merek asal Jepang yaitu NGK. Tahun lalu, mereka telah menguasai pasar busi nasional sebanyak 50 persen. Ini memberikan optimisme tinggi, untuk mencetak kenaikan yang lebih baik untuk tahun ini.

"Penguasaan market share busi yang cukup besar di pasar nasional, tak membuat kami berpuas diri. Karena kami masih lebih condong penguatannya di segmen kendaraan roda dua. Contoh gampangnya seperti ini, kita bisa lihat pasar roda dua nasional yang jauh sangat besar angkanya, dibanding mobil. Begitu juga di komponen busi. Permintaan yang sangat besar saat ini masih datang dari sisi penjualan sebagai produk aftermarket," jelas General Manager Sales & Marketing, PT NGK Busi Indonesia di GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) di ICE, BSD City pada Sabtu (20/8/2016).

Potensi pasar yang besar, lanjut Agus Tan, ada di segmen kendaraan roda empat atau mobil. Di segmen ini, memang belum banyak mereka garap. "Untungnya, di segmen mobil low cost green car (LCGC) edisi pertama kali, kami memegang share 100 persen. Sehingga ini cukup membantu APM untuk mengerti kualitas busi yang kami pasok. Sayangnya, untuk kondisi saat ini, ada beberapa pergeseran. Kami juga maklum, karena ini menyangkut regulasi dari sebuah APM. Makanya kami fokus ke pasar aftermarket, karena permintaan juga cukup besar di sana."

Dua tipe busi premium yang menjadi andalan NGK di pasar nasional

Meski sudah menguasai pasar dengan dominansi cukup besar, mereka tak pernah tinggal diam. Merek busi yang satu ini terus mengembangkan jangkauan busi yang mereka produksi. Seperti dengan menyediakan busi khusus untuk mesin-mesin high performance seperti supercar.

"Varian ini hadir sebagai bentuk edukasi karena cenderung lebih banyak diabaikan. Padahal tanpa busi, kendaraan tidak bisa dioperasikan. Bersamaan dengan komitmen kami ini, di GIIAS kami mengedukasi masyarakat tentang busi. Baik itu pemilihan busi yang tepat sesuai dengan karakter mesin, atau pun tentang performa dan kinerjanya. Jadi tidak asal dalam memilih busi," pungkasnya.


(UDA)