Ban Balap MotoGP

Jelang MotoGP Catalunya, Michelin Upgrade Ban Asimetris

Ahmad Garuda    •    Kamis, 02 Jun 2016 12:14 WIB
michelin
Jelang MotoGP Catalunya, Michelin <i>Upgrade</i> Ban Asimetris
Kompon ban asimetris pada bagian belakang, diklaim bikin seru balapan sejak awal. MTVN/Ahmad Garuda

Metrotvnews.com, Spanyol: Keluhan pembalap terhadap konsistensi kompon dan struktur ban dalam MotoGP Mugello, ditindaklanjuti oleh Michelin. Jelang MotoGP Catalunya, mereka menyiapkan formula ban belakang asimetris.

Ban baru ini mereka luncurkan untuk digunakan di Sirkuit Catalunya, mengingat karakter kombinasi tikungan cepat (high speed corner) dan tikungan lambat ke kiri dan zona pengereman (deselerasi) berat) di beberapa titik.

Jika menggunakan ban biasa, dikhawatirkan temperatur ban di salah satu bagian yang kurang tereksplorasi, bisa memicu kecelakaan. Ban yang temperaturnya tidak tepat, akan menurunkan daya cengkeram ke aspal sehingga pembalap rentan sliding dan terjatuh.

Ban asimetris ini menjadi jawabannya, karena antara kompon ban untuk bahu kanan dan kirinya berbeda. Untuk kompon ban sebelah kanan, akan dipasok setahap lebih keras dari kompon yang ada di bahu sebelah kiri.

"Catalunya sangat cocok untuk pengetesan kompon ban. Kami memasok ban asimetris agar pembalap bisa memberi masukan tentang karakternya. Tidak berbeda jauh dengan MotoGP Italia lalu, pembedanya struktur baru asimetrisnya," ungkap Piero Taramasso, Manager of the Two-Wheel Motorsport Group.

Sirkuit Catalunya panjangnya 4,7 km. Terdapat 8 tikungan ke kanan, bagian kanan ban belakang akan memiliki kompon lebih keras dari bagian kiri. Michelin mengklaim bahwa ban barunya tahan terhadap temperatur ekstrim sekalipun.
 


(UDA)