Motor Baru

Ninja 1000 2017 Upgrade Sistem Elektronik

Ainto Harry Budiawan    •    Rabu, 12 Oct 2016 10:12 WIB
kawasaki
Ninja 1000 2017 <i>Upgrade</i> Sistem Elektronik
Tak hanya berubah wajah, elektrikal banyak di-update. Motorcycle

Metrotvnews.com: Ninja 1000 merupakan sport tourer yang berdesain full fairing, dengan desain sporty namun tawarkan posisi berkendara yang diperuntukkan melakukan perjalanan jauh. Motor yang dijual di Indonesia ini pun mengalami perubahan untuk model 2017.

Unitnya sudah dikenalkan saat gelaran Intermot 2016 di Cologne, Jerman. Motor ini mendapatkan perubahan desain dan upgrade sistem elektronik yang cukup signifikan.

Seperti halnya superbike terbaru, motor ini sudah aplikasi six-axis IMU dari Bosch. Komponen satu ini memungkinkan pengendalian moor lebih baik, apalagi fitur macam Kawasaki Traction Control (KTRC) dan Kawasaki Intelligent anti-lock Brake System (KIBS) tetap dipertahankan.

Benefit terbesar pengguna IMU adalah corner braking control, yang mampu membantu pengendara mengendalikan motor saat mengerem ketika melewati tikungan. Motor akan tetap dijalurnya dan tak melebar.

Perubahan lainnya adalah revisi setingan ECU untuk penyaluran tenaga lebih lembut, dan ruang knalpot untuk memenuhi standar Euro4. Lampu utama sudah LED, berikut positioning lamp yang juga sudah LED.

Motor ini tentunya tak melenggang sendirian, lantaran beberapa pabrikan juga memiliki produk di segmen yang sama. Paling dekat dan juga masih fresh adalah Yamaha MT-10. Tentunya masing-masing punya karakter unik. Namun penting untuk memahami kinerja sistem ECU-nya, karena biasanya Kawasaki punya seabrek fitur yang berfungsi dalam kondisi tertentu.


(UDA)