Tips Knowledge

Menhub Imbau Pemudik Tak Pakai Motor

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 06 Jun 2018 10:56 WIB
tips knowledge
Menhub Imbau Pemudik Tak Pakai Motor
Mudik menggunakan sepeda motor memiliki risiko kecelakaan lebih tinggi. Dok.MI

Jakarta: Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat agar tidak menggunakan sepeda motor saat mudik Lebaran. Menhub menyarankan para pemudik menggunakan armada transportasi umum, baik bus maupun kereta api.

Budi mengingatkan, bahwa mudik menggunakan sepeda motor dianggap memiliki risiko kecelakaan yang lebih tinggi. Karena 70 persen kecelekaan lalu lintas selama mudik dua tahun terakhir merupakan pengendara sepeda motor.

Menhub juga meminta Organda mensosialisasikan kepada seluruh anggotanya untuk menyiapkan armada sebaik mungkin demi keselamatan penumpang.

Tak hanya itu, Menhub juga mengingatkan jika semua armada harus lolos seluruh pemeriksaan. Jika tidak memenuhi izin layak jalan, maka dilarang beroperasi.

Budi memprediksi jumlah pemudik Lebaran 2018 mencapai 30 juta orang. Dari jumlah tersebut moda transportasi yang favorit digunakan yaitu angkutan udara yang mencapai 8 juta orang.

Sementara moda angkutan darat 7 juta orang, angkutan laut 1,5 juta orang dan kereta api diperkirakan mencapai sekitar 6 juta pemudik.

"Tahun ini saya insentif sekali untuk minta saudara kita untuk jangan naik motor, ya sudah naik kereta api atau naik bius. Supaya mereka slamat, dan yang penting juga adalah kesadaran dari anggota-anggota Organda khususnya truk dan bus untuk kesiapan armadanya," kata budi di Headline News Metro TV, beberapa waktu lalu.


(UDA)