Tips Motor

Bisakah Kunci Keyless Aerox 155 VVA Dipasangkan ke Nmax?

Ainto Harry Budiawan    •    Rabu, 08 Mar 2017 10:34 WIB
yamaha
Bisakah Kunci Keyless Aerox 155 VVA Dipasangkan ke Nmax?
Sistem kunci Aerox 155VVA sangat kompleks. MTVN/ A. Harry Budiawan

Metrotvnews.com, Jakarta: Hadir belakangan, Yamaha Aerox 155VVA punya sejumlah fitur baru dibandingkan dengan Nmax. Salah satu fitur tersebut adalah penggunaan kunci keyless yang disebut Smart Key System (SKS) pada Aerox 155VVA S Version, yang merupakan tipe tertinggi.

Pertanyaan pun muncul, bisakah kunci SKS ini dipasangkan pada skutik Yamaha lainnya seperti Nmax? Slamet Kasianom, selaku Senior Technical PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing angkat bicara. Menurutnya kunci itu tidak bisa dipasangkan pada motor lain, termasuk Nmax.

"Frekwensi dari remote ditransfer ke smart unit sebagai receiver. Dari Smart Unit, terkoneksi dengan ECU dan knob rumah kontak, sehingga knob terbuka dan bisa diputar, lalu motor pun bisa di ON kemudian dihidupkan," katanya kepada Metrotvnews.com beberapa waktu lalu.

Karena sudah terhubung dengan ECU, tentu saja tak bisa dipasangkan pada motor lain. "Ini karena setingan ECU ditiap motor berbeda-beda, meski satu basis mesin dengan Nmax, Aerox sudah dilengkapi starter SMG yang lebih halus dan dikontrol juga oleh ECU," urainya lebih lanjut.

SKS bisa diaktifkan jika receiver mendeteksi remote dalam jarak 1,2 meter. Jika remote menjauh dari motor akan ada peringatan dari motor. Remote juga bisa difungsikan sebagai Answer Back System untuk mencari motor diarea parkir dengan radius 20 meter.

Jika dipaksakan bisa saja, namun harus membeli sejumlah komponen milik Aerox 155VVA agar sistem kunci ini bisa digunakan, seperti Smart Key System itu sendiri, lalu ECU, sistem starter Aerox 155VVA yang sudah model Smart Motor Generator (SMG), kabel-kabel hingga komponen lainnya. Biaya yang dibutuhkan pun akan besar untuk pengaplikasiannya.


(GUS)