Klub dan Komunitas

Bikers Seru-Seruan di IIBG 2018 Medan

Ahmad Garuda    •    Minggu, 02 Dec 2018 09:49 WIB
klub motorkegiatan otomotif
Bikers Seru-Seruan di IIBG 2018 Medan
Bikers seru-seruan di Sumatera Bike Week dan XTrim Sumatera Xpedition. HDCI

Medan: Indonesia International Bikers Gathering 2018 (IIBG) adalah gabungan dua event besar yang diselenggarakan di Medan selama empat hari. Mulai dari 29 November – 2 Desember 2018 di Lapangan Benteng, Medan.

Dua event motor besar skala nasional itu adalah Sumatera Bike Week 2018 (SBW) yang merupaan gelaran dua tahunan Harley-Davidson Club Indonesia (HDCI). Kemudian kegiatan adventure bermotor yang sudah bikin gelaran sebanyak delapan kali, XTrim Sumatera Xpedition atau disingkat X8

Lantaran bersifat internasional, upacara pembukaan pun langsung dihadiri Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Musa Rajekshah (Ijeck) yang juga menjabat sebagai Ketua Umum HDCI Sumut. Bahkan Ketua Umum HDCI, Komisaris Jendral Polisi (Purn.), Drs. H. Nanan Soekarna dan Ketua Umum XTrim Indonesia Musa Idhishah (Doddy), juga terlihat hadir di sana.

Hampir semua komunitas motor besar dari berbagai kota di Indonesia hadir di Lapangan Benteng, Medan. Bahkan komunitas motor cc kecil, tanggung, hingga menengah juga datang berkumpul  untuk bikin sukses SBW 2018 yang sebelumnya diselenggarakan di Medan (2012), Pekanbaru (2014), Palembang (2016) dan kembali lagi di Medan (2018), juga di tempat yang sama.

“Selamat datang di Medan, Sumatera Utara. Ayo promosikan wisata yang ada di Sumatera Utara dan juga makanan khasnya yang sudah disiapkan panitia penyelenggara dengan menyediakan konten Festival Kuliner dan Kopi Ulahan khas Sumatera Utara,” ajak Ijeck yang melibatkan UKM di Sumatera Utara.    

Nanan Soekarna, menambahkan bahwa komunitas motor seperti HDCI, harusnya bisa menjadi bagian dalam mensukseskan program pemerintah yang bersentuhan langsung dengan masyaraat. Baik dari sektor pariwisata maupun sosial dan budaya.

Humas HDCI Sumut sekaligus Humas IIBG 2018, Dedy Dermawan mengatakan bahwa pada penyelenggaraan kali ini, panita menggandeng Dinas Koperasi dan UKM Sumatera Utara untuk mempromosikan aneka kuliner dan aneka kerajinan khas Medan, Sumut.

“Event ini memberikan manfaat langsung kepada warga sekitar seperti mengadakan sunatan massal kepada 150 anak yatim, penanaman pohon aren di Aek Nauli, pelepasan bibit ikan di Danau Toba dan juga memberikan bantuan peralatan olahraga dan komputer di setiap sekolah di desa yang disinggahi peserta,” ujar Ketua Panita Penyelenggara IIBG 2018 dan juga Ketua IMI Pengprov Sumut, Faisal Arief Nasution.

Sementara XTrim Sumatera Xpedition atau X8 yang awalnya hanya membatasi 1.000 peserta tapi kali ini tak bisa ditahan hingga harus nambah 500 peserta lagi sehingga jadi 1.500. Jumlah itu diluar 20 peserta asal luar negeri seperti Australia, Spanyol, Brasil, Singapura dan Malaysia.

IIBG 2018 memang beda dari gelaran kumpul bikers umumnya. Selian dibarengi Festival Kuliner dan Kopi Ulahan, penyelenggara juga mengemas aneka lomba lain, seperti modeling, menggambar dan mewarnai, membatik, lomba foto, fun walk dan juga fun bike.


(UDA)