Komponen Aftermarket

Pakai Komponen Rally-Raid, CB500X Siap Bertualang

Ainto Harry Budiawan    •    Kamis, 22 Sep 2016 10:38 WIB
honda motor
Pakai Komponen Rally-Raid, CB500X Siap Bertualang
Paketan Rally-Raid bikin tampilan makin gahar. Cycleworld

Metrotvnews.com: Salah satu big bike terlaris Honda di Indonesia adalah CB500X. Motor ini jadi alternatif motor turing kelas menengah selain Kawasaki Versys 650. Tak ayal penjualannya terbilang dominan di antara model big bike sayap mengepak lainnya.

Tapi motor itu rasanya masih kurang pas untuk dipakai menjelajah berbagai medan. Desain standar pabrikannya lebih diperuntukan untuk turing di jalur aspal, bukan jalur dengan permukaan jalan keriting atau bahkan gravel. Tentu harus lakukan modifikasi agar cocok untuk melibas medan semi offroad tadi.

Kalau tak mau repot, bisa langsung terapkan paketan dari Rally-Raid. Dengan paketan ini dijamin CB500X makin siap diajak bertualang. Ada sejumlah item yang ditawarkan brand asal Inggris tersebut untuk motor 500 cc dua silinder segaris ini.

Pertama adalah sokbreker belakang dengan travel (jarak main) dua inci lebih panjang dibandingkan bawaannya. Suspensi ini dilengkapi dengan remote reservoir dan full adjustable, yang dapat diatur sesuai bobot pengemudi dan barang bawaan.

Sokbreker depan diganti part dalamnya, mulai dari per, shim valve, damper rods, tutup dengan preload adjustable dan travel lebih jauh 1,2 inci. Sokbreker ini akan dipegang dengan segitiga baru yang terintegrasi dengan stering damper dari Scoots.

Dan yang paling mudah terlihat adalah penggunaan pelek jari-jari berdiameter 19 inci dan 17 inci. Pelek ini otomatis menggantikan pelek bawaan tipe casting wheel yang berdiameter 17 inci. Terakhir ada sepakbor depan yang sudah sesuai untuk menerabas berbagai medan.

Paketan Rally-Raid CB500X saat ini tersedia untuk pasar Inggris dan Amerika saja, dengan harga berkisar Rp38 jutaan. Barangkali ada yang mau membelinya lewat situs eBay?


(UDA)