Tips Knowledge

Pentingnya Cek Kerenggangan Klep Mesin Motor

Ainto Harry Budiawan    •    Senin, 04 Sep 2017 11:08 WIB
tips motor
Pentingnya Cek Kerenggangan Klep Mesin Motor
Peyetelan klep menggunakan alat khusus. BR

Metrotvnews.com: Kesulitan menyalakan mesin motor saat pagi? Atau merasa mesin kurang bertenaga, padahal motor relatif baru? Bisa jadi karena setelan klep (valve) yang tidak pas.

Klep ini punya tugas sebagai katup buka-tutup gas bakar masuk dan keluar ruang pembakaran. Buka-tutup klep diatur oleh noken as (camshaft). Setelan kerenggangan klep yang dimaksud adalah jarak antara klep dengan noken as pada posisi bebas.

Dituliskan Bikesrepublic, saat mesin panas, maka meterial dalam mesin, termasuk klep akan memuai dan jarak ini untuk mengakomodir pemuaian tersebut. Itulah kenapa setelan klep berpengaruh terhadap performa mesin.

Mengatur celah kerenggangan klep dengan tepat, bisa memberkan performa mesin yang optimal. Jika celah terlalu besar, maka akan timbul suara kasar. Jika celah terlalu sempit bahkan tak ada celah, tenaga mesin tak optimal.

Celah antara klep dengan noken as biasanya sudah diatur oleh pabrikan. Pengaturan celah klep pun menggunakan alat khusus yang disebut fuller gauge. Penyetelan klep ini bisa dilakukan setiap servis besar atau sesuai rekomendasi pabrikan motor.


(UDA)