Komponen Aftermarket

Ban IRC Fasti Pro Hadir dari Curhatan Pembalap

Ainto Harry Budiawan    •    Rabu, 12 Apr 2017 16:30 WIB
irc
Ban IRC Fasti Pro Hadir dari Curhatan Pembalap
Fassti Pro ampuh untuk trek basah dan kering. Ig:Sekapur Sirih/Dodiyanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Salah satu pabrikan ban lokal yang konsen di balap motor nasional adalah IRC. Ban produksi PT Gajah Tunggal Tbk (GT) ini banyak dipakai tim balap profesional, maupun tim balap komunitas.

IRC pun menambah lini produk ban balap mereka lewat Fasti Pro, yang melakukan debut pada kejuaraan Nasional MotoPrix di Purwokerto, Jawa Tengah akhir pekan lalu. Kehadiranya melengkapi Fasti 1, Fasti 2 dan Fasti 3.

"2016 kita dicurhatin pembalap, kalau harus ada ban untuk hujan rintik-rintik, habis hujan lalu panas atau sebelum balap sudah mendung tapi belum hujan. Karena regulasi balap kita saat balap tak boleh ganti ban," buka Dodiyanto, Product Development Manager GT lewat pesan singkatnya.

Saat debutnya pun, kondisi ini benar-benar terjadi. "Di kelas MP3, pas balap mendung, begitu lap pertama mulai hujan sampai finish. Nah kondisi ini tak bisa pakai Fasti 2," lanjur pria yang tak lepas dari kacamata hitamnya.

Dodi mengatakan, ban Fasti Pro untuk mengisi celah fungsi dari Fasti 2 dan Fasti 3. Fasti 2 untuk kondisi kering di sirkuit non permanen, Fasti 1 untuk kondisi kering di sirkuit permanen, seperti Sentul, Fasti 3 untuk hujan.

"Fasti Pro ini bisa digunakan untuk trek kering dan basah sekaligus, jadi ban yang bisa digunakan di antara Fasti 2 dan Fasti 3," lanjut pria pengoleksi parfum tersebut. Hasil debut Fasti Pro berjalan mulus, pembalap yang disokongnya meraih podium. Juara pertama kelas MP1, MP2, MP3 dan MP4 menggunakan ban baru tersebut.

Fasti Pro saat ini baru tersedia ukuran 90/80-17 dengan harga eceran tertinggi Rp480 ribu. "Kita juga sedang develop Fasti Pro untuk motor matik, serta motor sport 150 cc dan 250 cc," tutup Dodi.
(UDA)