Teknis MotoGP

Direksi Teknis Belum Legalkan Bentuk Fairing Tim-Tim MotoGP

Ahmad Garuda    •    Jumat, 17 Mar 2017 19:25 WIB
teknologi motogp
Direksi Teknis Belum Legalkan Bentuk Fairing Tim-Tim MotoGP
Desain fairing baru belum ada pengusulan pakem ke direksi teknis di MotoGP. Michelin

Metrotvnews.com, Losail: Bentuk radikal beberapa fairing motor tim MotoGP yang diuji coba saat tes di beberapa sirkuit, ternyata belum diajukan ke direksi teknis MotoGP. Technical Director MotoGP, Danny Aldridge, berharap agar desain fairing yang nantinya diusulkan oleh tim-tim balap ini, tidak menemukan masalah.

Dari hasil obrolan Crash.net dengan Aldridge, bahwa tim-tim balap MotoGP tahun ini memang belum menyetorkan desain fairing yang bakal mereka gunakan nantinya. Ia hanya khawatir jika ada yang tak memenuhi persyaratan atau melanggar regulasi, lantaran penyetorannya dilakukan sehari sebelum latihan pertama MotoGP Qatar dimulai. Maka itu bakal jadi kerugian tersendiri bagi tim tersebut.

"Secara teknis, tim-tim pabrikan ini tidak secara terang-terangan membawa desain fairing terbaru mereka di sesi tes. Agar sebelum mengawali balapan di race pertama nanti bisa membuat kejutan. Tapi terpenting desain fairing yang mereka gunakan nantinya tidak melanggar aturan," klaim Aldridge.

Alasan lain yang diduga kuat, adalah agar desain mereka tidak dicontek tim lain. Namun Aldridge menilai, sejauh ini secara kasat mata belum ada desain yang melanggar aturan. Meski ada beberapa desain radikal yang dicurigai beberapa pihak tak bakal lolos scrutineering.

"Tentang fairing radikal Ducati, sebenarnya tidak seperti itu juga. Ia hanya diperkuat dengan adanya ventilasi besar di samping kiri dan kanan fairing dan bentuknya menjadi kotak. Tapi selama itu jadi satu bagian dan ukurannya tak melanggar aturan, rasanya tidak ada masalah."

Batas akhir pengajuan paket desain yang bakal dijadikan acuan direksi balap MotoGP hingga semusim ini nantinya, bakal dilakukan pada Kamis (23/3/2017) pukul 17.00 waktu setempat.


(GUS)