Tips Motor

Agar Tidak Masuk Air, Jangan Sepelekan Karet Tutup Tangki Bensin

M. Bagus Rachmanto    •    Kamis, 10 Nov 2016 10:20 WIB
tips motor
Agar Tidak Masuk Air, Jangan Sepelekan Karet Tutup Tangki Bensin
Ganti karet tangki bensin yang sudah melar cegara air rembes dan masuk. MTVN/M. Bagus Rachmanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Jangan menganggap remeh karet tutup tangki bensin. Bukan apa-apa. Komponen tersebut punya peran yang cukup penting, yaitu untuk melindungi tangki masuk air atau rembes. Terutama saat mencuci motor.

Apabila usia karet tutup tangki bensin sudah uzur, tingkat kelenturan karet bakal berkurang. Nantinya karet cenderung keras dan melar. Jika sudah begini, fungsi komponen itu tak lagi maksimal.

Tanda-tanda karet yang sudah keras dan melar bisa dilihat dari adanya rembes bensin di sekitar lubang pengisian. Kalau sudah begini sebaiknya segera ganti dengan yang baru.

Menurut Yosie yang buka bengkel motor Bengbrand di bilangan Bekasi Timur, Jawa Barat, selain akibat dari usia karet yang sudah terlalu lama, penyebab lain bisa dari cara menutup bensin yang tidak benar jadi bikin karet robek.

"Biasanya para bikers langsung memutar tutupnya setelah isi bensin tanpa memperhatikan lagi karet miring atau lepas hingga akhirnya robek. Biasanya kondisi ini terjadi ketika posisi tutup belum pas dan tutup tangki sudah diputar," terang Yosie.

Jika ingin mengganti karet tutup tangki bensin, para bikers disarankan beli yang orisinil. Selain lebih kuat dan awet, harganya juga tergolong murah. "Kalau ganti karet usahakan pakai yang orisinil. Biar enggak gampang melar. Kalau yang asli harganya sekitar Rp5.000," tutupnya.


(HIL)