Teknologi Otomotif

Universitas di Singapura Uji Skuter Otonom

Ekawan Raharja    •    Jumat, 11 Nov 2016 18:30 WIB
teknologi otomotif
Universitas di Singapura Uji Skuter Otonom
Skuter otonom ini sudah bisa mendeteksi beragam hal yang ada di jalan. Robotics Trends

Metrotvnews.com: Tidak hanya mobil yang akan memiliki teknologi otonom pada masa depan. Ada kemungkinan sepeda motor, khususnya jenis skuter, juga akan mengaplikasikan teknologi serupa.

Kemungkinan itu sedang direalisasikan oleh National University of Singapore. Saat ini, mereka disibukkan dengan pengembangan skuter otonom. Skuter ini mengaplikasikan sensor dan perangkat lunak yang sama dengan mobil otonom dan juga mobil golf.

"Kami uji coba di ruangan yang terbatas. Salah satu tempat uji coba adalah koridor kampus. Lokasi tersebut sulit dan penuh tantangan. Sepanjang koridor akan banyak gangguan yang terjadi," ujar Lulusan Sarjana Teknik National University of Singapore, Scott Pendleton, seperti dikutip dari Robotic Trends.

Fakta bahwa mobil otonom hanya dapat digunakan untuk mobilitas dari satu tempat ke tempat lain menjadi ide pengembangan skuter otonom ini. Nantinya, skuter otonom ini dirancang agar dapat mengelilingi satu area tanpa harus bersusah payah.

Saat pengujian terakhir, skuter masa depan ini dapat mendeteksi kondisi di jalan. Skuter otonom ini dapat mendeteksi perubahan rambu-rambu lalu lintas, posisi mobil di jalan raya, hingga orang yang mendadak melintas ke jalan.




(HIL)