Perlengkapan Berkendara

APM Rambah Pasar Aksesoris & Genuine Apparel

Ainto Harry Budiawan    •    Jumat, 23 Sep 2016 10:13 WIB
honda
APM Rambah Pasar Aksesoris & Genuine Apparel
Model beraksi dengan apparel genuine Honda. DAM

Metrotvnews.com, Jakarta: Tuntutan pasar dan memberikan pilihan serta kesempatan bagi konsumen untuk melakukan upgrade tampilan tunggangannya, membuat jaringan resmi agen pemegang merek (APM) melihat potensi besarnya. Mereka bahkan sudah menghadirkan aksesoris & genuine apparel. Biasanya keduanya kerap ditampilkan bersamaan saat pengenalan model motor baru. 

Sayangnya, tak semua jaringan menggarap serius potensi pasar dari bisnis aksesoris dan apparel ini. Hanya beberapa yang menggarapnya dengan serius, salah satunya PT Daya Adicipta Motora (DAM), main dealer motor Honda di Jawa Barat.

Mereka memperkuat dan meningkatkan bisnis Honda Genuine Accesories (HGA) dan apparel. Tak heran jika DAM mengajak jaringan Honda di Jawa Barat mengikuti pelatihan optimalisasi bisnis HGA & produk apparel pada Kamis (22/6/2016).

Menurut Elisabeth Riany, General Manager Parts Sales, Marketing & Logistic DAM, acara ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi dan sarana komunikasi bagi PIC dari tahun ke tahun sejak 2014 terkait bisnis HGA. 

"Dalam acara gathering ini, PIC akan diedukasi mengenai strategi pemasaran agar dapat membantu mereka meningkatkan penjualan HGA ke depannya. Kami juga melibatkan peserta untuk dapat merumuskan strategi pemasaran tersebut," paparnya.

Gathering juga dimeriahkan catwalk dari para model yang mengenakan apparel dan memamerkan HGA. Ada pula pemilihan 3 dealer terbaik dan 1 dealer terfavorit dalam pemahaman produk HGA serta perumusan strategi pemasaran untuk memaksimalkan penjualan produk HGA dan produk apparel.

Sejak 4 tahun lalu DAM mulai fokus pada bisnis HGA dan apparel. Hampir 85 persen penjualan disumbangkan dari aksesoris, sedangkan sisanya adalah apparel di antaranya t-shirt, polo shirt, kemeja, topi dan helm. Untuk apparel sendiri helm paling banyak diminati oleh konsumen.

Selain Honda, Yamaha juga melakukan hal serupa. Mereka sudah beberapa lama memainkan pasar ini dan menggandeng beberapa pemasok komponen aksesoris dan apparel nasional. Ada juga Kawasaki dan Suzuki yang selalu menampilkan produk aksesoris dan apparel mereka di setiap peluncuran produk baru.


(UDA)