Komponen Aftermarket

Tes Ban Balap Pirelli, Grip Mantap di Trek Kering dan Basah

Ainto Harry Budiawan    •    Minggu, 21 Jan 2018 14:44 WIB
komponen aftermarket
Tes Ban Balap Pirelli, Grip Mantap di Trek Kering dan Basah
Pirelli Diablo Rosso Corsa II mulai dijual Februari mendatang. Medcom/ A. Harry Budiawan

Bogor: Bertempat di Sirkuit Sentul Karting, Bogor, Pirelli memberi kesempatan sejumlah media untuk menjajal ban balap untuk motor bebek yang baru dikenalkan. Ban ini adalah Pirelli Diablo Rosso Corsa II.

Selain awak media, ada pula pembalap profesional baik rider nasional seperti Galang hendra, Rafid Topan dan Febrianus Balank. Motor yang digunakan pun ada Yamaha MX King, Suzuki Satria F150 dan Honda Sonic 150R.

Ban ini ditujukan bagi pengendara yang ingin performa maksimal. Dengan teknologi multi-compound yang menggabungkan double compound di tiga zona bagian depan dan triple compound yang diaplikasikan di lima zona bagian belakang.

"Ban ini mampu mengakomodir kebutuhan mereka yang menginginkan ban dengan pemanasan yang cepat, mempunyai sports agility yang mumpuni, grip yang kuat serta performa yang konsisten sehingga siap untuk penggunaan harian," jelas Yusak Kristian, Direktur Astra Otoparts.

Membuktikan hal itu  kami mencobanya dengan Honda Sonic 150R versi balap. Kondisi trek basah usai diguyur hujan, jelas ini menambah handicap ban sekaligus uji nyali untuk rider saat menjajal ban ini.

Menariknya ban ini tetap mampu menjaga grip saat trek basah. Gejala slide sangat minim, jika pun ada masih dalam batas wajar dan under control. Begitu pula saat melibas tambalan sirkuit yang berupa semen.

Rasa percaya diri dan rasa aman yang mampu diberikan ban ini, jelas berpengaruh terhadap feeling rider. Kecepatan bisa lebih tinggi, menikung bisa lebih rebah dan keluar tikungan bisa lebih cepat.

"Kelebihannya grip-nya bagus banget, kalau yang satunya (merek lain) masih suka slide ini enggak. Terus kalau slide benerin (kendalikan) lagi juga cepat," kata Febrianus Balank.

Menariknya ada ban yang sudah dipakai hingga lebih 60 lap. "Ban ini sudah 60 lap, lebih kayanya, tapi bentuknya masih rata. Lainnya ban ini butuh pemanasan lebih cepat dan daya tahannya lama," tambahnya.

Selain motor balap, Pirelli untuk memasang ban ini pada motor standar. Kami menggunakan jenis motor yang sama, trek menjelang istirahat siang sudah kering. Tekanan angin diset 19-20 psi.

Feeling ban ini terasa lengket dengan aspal. Untuk  harian jelas ban ini akan semakin memberi rasa aman dan pengendalian yang maksimal. Meski Anda harus memikirkan ukuran pelek yang digunakan, karena ban ini baru tersedia ukuran 90/80-17.

Selain ukuran, tentu ada konsekuensi lain jika pakai ban ini untuk harian, yakni usia pakainya akan lebih singkat, ketimbang ban normal pada umumnya. Lalu soal harga jual masih digodok, dan akan ada di rentang Rp1,2 hingga Rp1,5 juta.

Tertarik mencoba?


(UDA)