Safety Riding

Berkendara di Jalan Basah, Cukup Pakai Rem Belakang

Ainto Harry Budiawan    •    Sabtu, 18 Nov 2017 13:15 WIB
safety drivingtips knowledge
Berkendara di Jalan Basah, Cukup Pakai Rem Belakang
Jika ban belakang selip motor masih bisa dikendalikan. MI/Ramdani

Jakarta: Hujan sudah  mulai rutin mengguyur wilayah Indonesia. Sebagai pengendara roda dua yang lebih rentang dengan bahaya, khususnya saat musim hujan, harus ekstra waspada saat berkendara dengan motor kesayangan.

Salah satunya adalah cara mengerem, saat kondisi jalanan basah. Asep wawan, Instruktur Safety Riding PT Daya Adicipta Mustika, main dealer motor Honda Jawa Barat, sedikit berbagi tips mengenai teknik pengereman saat hujan.

"Sebaiknya lakukan pengereman belakang saja saat hujan, karena jalanan yang basah lebih licin dan rawan selip. Sedangkan titik handling motor berada di ban depan. Jika ban depan slip, maka motor akan sulit untuk dikendalikan," katanya.

Namun jika ban belakang yang selip, pengendara masih bisa mengontrol motor dengan ban depan, yang digerakkan setang. Artinya jika ban belakang selip, motor masih bisa ditangani pengendara.

Apalagi saat kondisi ban belakang terkunci, biasanya kaki juga refleks melepas tuas rem. Mengingat, saat kondisi seperti ini, gerakan refleks biasanya sudah diantisipasi. Terpenting, fokus untuk mengendalikan motor tetap berjalan.


(UDA)