Teknologi Otomotif

Duel Motor Robot Honda Versus Yamaha

Ainto Harry Budiawan    •    Rabu, 08 Nov 2017 10:22 WIB
teknologi otomotif
Duel Motor Robot Honda Versus Yamaha
Kedua motor ini bisa bergerak dan berdiri sendiri. Motorcycle

Metrotvnews.com: Dua pabrikan motor ini memang musuh bebuyutan, mulai dari soal penjualan motor hingga adu teknologi. Untuk soal teknologi, keduanya sukses menampilkan motor canggih yang muncul di gelaran Tokyo Motor Show 2017 lalu.

Honda sudah hadir lebih dulu dengan Honda Riding Assist-e, yang mengusung teknologi robotik unik, yang membuat motor ini bisa berdiri tegak sendiri, tanpa bantuan pengendara. Bahkan motor ini bisa bergerak sendiri.

Motor ini menggunakan basis Honda NC700, teknologi penyeimbang terletak pada bagian depan yang dikembangkan dari Honda UNI-CUB personal mobility device untuk berdiri tegak. Teknologi membuat gerakan kecil untuk menyeimbangkan motor.

Yamaha pun tak mau kalah dengan menghadirkan MOTOROiD, motor yang juga usung teknologi otonom alias bergerak sendiri ini bahkan mampu mengenali wajah pengendaranya dan bisa bergerak jika dipanggil pemiliknya.

Ya pabrikan garpu tala ini mengusung konsep Kando, yang merupakan inspirasi spiritual dan kepuasan. Tak heran jika motor ini bisa mengenali wajah pengendaranya, juga bisa diajak berinteraksi.

Sama-sama usung teknologi otonom, sama-sama bisa bergerak sendiri dan menyeimbangkan diri. Mana motor teknologi robot yang terbaik, milik Honda ataukah Yamaha?


(UDA)