Asia Cross Country Rally

Kubangan Lumpur, Tak Halangi Irma jadi Pereli Wanita Terbaik

Ahmad Garuda    •    Jumat, 17 Aug 2018 06:58 WIB
balap motorreli dakarbalap mobil
Kubangan Lumpur, Tak Halangi Irma jadi Pereli Wanita Terbaik
Motor milik Ayu yang mengalami masalah teknis usai menerobos genangan lumpur yang cukup dalam. Ayu

Kamboja: Hujan yang mengguyur banyak lokasi di beberapa lokasi yang masuk dalam rute Asia Cross Country Rally (AXCR) 2018 Thailand-Kamboja, membuat tingkat kesulitan medan makin tinggi. Etape keempat yang dilalui para pereli terbilang cukup berat, namun justru membawa hasil bagus bagi pereli Indonesia.

Irma Ferdiana yang sebelumnya mengalami kesulitan, di etape ini malah sanggup tampil sangat baik. Ia bahkan tak sadar mampu menempati posisi teratas untuk kategori pereli perempuan. Secara keseluruan pencapaian waktu tercepatnya usai etape keempat pada Kamis (16/8/2018) menjelang dua hari terakhir menempati urutan ke-14. Namun di kategori perempuan Irma jadi pemuncak waktu tercepat.

Meski Irma meraih hasil bagus, namun rekan setimnya di JNE Furukawa Battery Indonesia Rally Team yaitu Ayu Windari malah mendapatkan ujian. Motor yang ditunggangi Ayu terjerembab di kubangan lumpur setelah melewati trek lurus sepanjang kurang lebih 5 kilometer.

Kubangan lumpur yang dalam membuat mesin motor mati akibat kemasukan air. Setelah mendengar kabar, tim mekanik segera memandu Ayu untuk melepas filter udaranya. Lalu kemudian Ayu diarahkan agar membersihkan filter udara.

Setelah berhasil jalan kurang lebih 15 menit, ada kubangan air dengan kedalaman hampir 1 meter, kemudian mesin motor Husaberg FE250 tersebut mati lagi. Sebenarnya, baik Irma atau pun Ayu, keduanya menghadapi masalah yang sama. Namun Irma berhasil lolos dan segera melanjutkan perjuangan ke garis finis etape keempat ini.

Etape spesial keempat ini berjarak 147 km. Selain panjangnya trek, jenis tanah di Angkor Wat, Kamboja tergolong tanah merah dengan lumpur pekat. Beberapa pereli dikabarkan kesulitan melewati etape ganas ini.


(UDA)