Recall Motor

Ducati Recall XDiavel, Gara-Gara Baut Kendur

Ainto Harry Budiawan    •    Selasa, 11 Oct 2016 16:00 WIB
ducati
Ducati <i>Recall</i> XDiavel, Gara-Gara Baut Kendur
Mur kendur paksa Ducati recall XDiavel. Motorcycle

Metrotvnews.com: Ducati memutuskan melakukan recall terhadap model XDiavel 2016-2017. Langkah ini untuk mengencangkan mur di bagian pulley penggerak roda yang diketahui mudah terlepas gara-gara tidak cukup kuat terpasang.

Dituliskan Motorcycle, kasus ini sendiri mengenai 1.433 unit XDiavel di Amerika Serikat. Data yang dirilis NHTSA, pengencangan mur dengan torsi 186 Nm dirasa tidak cukup kuat.

Jika mur terlepas, maka pulley akan berputar di tempat dan tak ada transfer tenaga menuju roda belakang. Pihak Ducati akan melakukan pengencangan baut dengan torsi mencapai 250 Nm yang diyakini cukup untuk mencegah mur terlepas.

Tak hanya itu, motor ini juga harus mengencangkan baut pada standar samping. Dari data NHTSA, kekuatan baut yang dikencangkan dengan torsi mencapai 42 Nm dirasa tidak cukup untuk menahan standar khususnya ketika motor diparkir.

Meskipun cukup jarang Ducati melakukan recall, tapi ini penting untuk mereka lakukan jika tak ingin pamor mereka turun karena tak bertanggung jawab dengan produk yang mengalami masalah.


(UDA)