Motor Baru

Yamaha XMAX 300, dari Pulogadung untuk Eropa

Ainto Harry Budiawan    •    Rabu, 19 Oct 2016 14:12 WIB
yamaha
Yamaha XMAX 300, dari Pulogadung untuk Eropa
XMAX 300 sudah dikenalkan di Eropa, Indonesia menyusul. Yamaha Europe

Metrotvnews.com: Yamaha Motor Eropa baru saja mengenalkan skutik bongsor XMAX 300. Skutik yang memadukan kesenangan berkendara dengan kepraktisan ini akan dijual di Eropa mulai Maret 2017.

Dia akan menggantikan XMAX 250 yang sebelumnya sudah diniagakan di benua biru tersebut sebelumnya. Hebatnya skutik ini sepenuhnya dibuat oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing yang berada di Pulogadung, Jakarta Timur.

Jika demikian, maka ini adalah produk global baru yang dirakit Yamaha Indonesia. Menyusul NMAX, YZF-R25, dan MT-25 yang juga rakitan lokal untuk keperluan global.

Menilik spesifikasinya, skutik ini mengusung teknologi Blue Core, silinder tunggal, 4-tak, pendingin cairan. Kapasitas murni mencapai 292cc, dengan karakter over stroke, berkat paduan piston 70mm, dan stroke 75,9 mm.

Tenaga puncak mencapai 27,6 daya kuda pada putaran 7.250 rpm, dan torsi puncak 29 Nm diraih pada putaran mesin lebih rendah, tepatnya 5.750 rpm. Motor ini juga dilengkapi dengan rem anti-lock braking system (ABS) dan traction control.

Fitur lainnya bagasi mampu menampung dua buah helm, smart key system, lampu utama berteknologi LED, dengan tangki bahan bakar berkapasitas 13 liter. Bobot basah skutik ini mencapai 179 kilogram.

Mengingat ini adalah rakitan Indonesia, kemungkinan kapasitas mesinnya hanya 250cc agar tak terkena pajak lebih tinggi. Apakah ini salah satu dari tiga skutik anyar Yamaha yang bakal dirilis di Indonesia Motorcycle Show 2016?


 


(HIL)