Pembalap MotoGP

Gaya Balap Penyebab Lowes Tak Cocok di MotoGP

Ahmad Garuda    •    Jumat, 03 Nov 2017 07:29 WIB
balap motor
Gaya Balap Penyebab Lowes Tak Cocok di MotoGP
Gaya balap Sam Lowes dinilai tak efektif untuk kelas balap MotoGP. Gresini Racing

Metrotvnews.com, Jakarta: Sam Lowes adalah pembalap yang punya talenta tinggi di ajang balap Moto2 karena mampu tampil kompetitif. Ia bahkan mampu tampil superior meski mengganti motor dari Speed Up ke rangka Kalex. Tapi di MotoGP, performanya tak terhitung dan gaya balap dikatakan sebagai penyebabnya.

Menurut Owner Gresini Racing team bahwa gaya balap yang dimiliki Lowes belum disesuikan ke aya balap ala MotoGP. Ia masih menggunakan gaya balap Moto2 yang cenderung memanfaatkan rear wheel sliding ketika melakukan pengereman. Efeknya Ia hanya buang waktu dan ban belakang cenderung cepat aus.

"Gaya balap seperti itu memang sangat cocok untuk kelas Moto2, karena memang dituntut seperti itu. agar bisa cepat masuk dan keluar tikungan. Tapi di kelas MotoGP, gaya balap seperti itu tak akan pernah cocok untuk digunakan sepanjang balapan. Hanya menghabiskan waktu dan juga kompon ban belakang," klaim Gresini saat datang ke Jakarta dua pekan lalu.

Lalu kemudian ada anggapan bahwa Marc Marquez juga terkadang melakukan hal yang sama, namun Ia bisa tetap cepat. Jika melihat secara detail, Marquez melakukan rear wheel sliding, lantaran titik pengeremannya cukup ekstrim. Dan itu tak selalu Ia lakukan.

"Memang harus ada penyesuaian karakter dan gaya balap kalau sudah berada di kelas MotoGP. Karena mulai dari power, karakter rangka hingga bobot sangat berbeda. Jadi tak otomatis pembalap yang punya kompetitifitas tinggi di ajang balap Moto2 bisa sontak jadi jawara di MotoGP, Meski ada juga pengecualian tersendiri seperti saat Marquez naik kelas dari Moto2 ke MotoGP."

Atas pertimbangan tersebut, Aprilia Gresini Racing memutuskan kontrak dengan pembalap asal Inggris itu dan akan diganti oleh Scott Redding.


(UDA)