Motor Baru

Tersangkut Regulasi, Mesin 4-Silinder MV Agusta Dibangun Ulang

Ahmad Garuda    •    Sabtu, 23 Dec 2017 20:30 WIB
mv agusta
Tersangkut Regulasi, Mesin 4-Silinder MV Agusta Dibangun Ulang
MV Agusta riset mesin 4-silinder baru berkapasitas 1.000 cc yang bersahabat dengan regulasi global. MV Agusta Australia

Italia: Upaya MV Agusta untuk tetap bisa diterima masyarakat dunia, cukup keras. Terlebih soal regulasi emisi di bawah Euro4 dan beberapa regulasi teknis lain yang menghalangi mereka untuk berjualan. Hingga akhirnya produk motor mesin 3-silinder mereka mulai kembali bisa dijual secara global.

Tapi mereka takkan berhenti sampai di sana. Garapan mesin 3-silinder yang hanya mengalami penyesuaian, ternyata tak berlaku untuk mesin 4-silinder yang dikabarkan Visordown mulai mereka riset. Merek motor asal Italia ini ternyata menggarap ulang desain mesin 4-silindernya juga untuk memenuhi regulasi yang ditetapkan di banyak negara. Termasuk dari sisi emisi gas buang.

Lalu di motor apa yang bakal mereka gunakan rangcangan mesin baru itu? banyak yang memprediksi bahwa Superbike F4 yang mereka gunakan di ajang balap Superbike saat ini, bakal jadi targetnya. Ini cukup masuk akal, lantaran jika mereka ingin tetap tampil kompetitif di ajang balap tersebut, setidaknya mulai menjual motor terbaru mereka.

Tentang bagian yang mereka riset untuk memenuhi regulasi emisi dan teknis lainnya, tak diungkapkan oleh pabrikan Italia itu. Namun jelas, bagian pembakaran, desain piston hingga pola alirah gas buang, bakal jadi konsen utama. Tantangannya jadi tinggi, karena ekspektasi motor ini tetap memiliki performa yang tinggi, harus tetap dijaga. Sehingga kaum fanatikan MV Agusta tetap punya alasan untuk melengkapi koleksi motornya.

Meski demikian, aplikasi mesin baru untuk motor di genre naked bike yaitu Brutale dan Dragster RR, juga diprediksi bakal jadi jualan menarik merek yang sahamnya dibeli pengusaha besar dari Rusia, yaitu keluarga Sardarov.

Sayangnya, segmen pasar yang semakin kecil untuk motor-motor berkapasitas mesin di atas 600 cc, memang butuh perhatian khusus. Apalagi MV Agusta memang tenar membuat mesin performa tinggi.


(UDA)