Motor Listrik

Topper 1963, Skuter Listrik Buatan Harley-Davidson

M. Bagus Rachmanto    •    Jumat, 04 May 2018 06:18 WIB
motor listrik
Topper 1963, Skuter Listrik Buatan Harley-Davidson
Harley-Davidson ?Topper 1963. Carscoops

Amerika Serikat: Harley-Davidson (H-D) dikenal sebagai brand yang membuat sepeda motor besar. Tapi siapa sangka jika pabrikan motor asal Amerika itu ternyata juga menciptakan skuter.

Dilansir Carscoops, skuter itu disebut Topper, dan satu-satunya skuter yang pernah dibuat H-D di era 1960-an. Tak seperti motor lainnya, Tooper dibekali mesin silinder tunggal 165 cc yang desainnya mirip dengan Vespa. 

Penempatan mesinnya bukan diletakkan di bawah jok, melainkan terpasang di bawah lantai pijakan kaki, karena ukuran mesinnya yang kecil. Kapasitas mesinnya yang kecil membuatnya tidak memiliki kipas pendingin.

Sistem pengereman dan motor starter mengadopsi mesin pemotong rumput. Sementara bodywork terbuat dari plat baja dan fiberglass

Output tenaganya mencapai 9 tenaga kuda (6.7 kW), dengan kecepatan maksimal 74 km per jam. Tapi tidak seperti kebanyakan H-D, Topper tidak dibuat untuk melaju di jalan raya. Tim bisbol Milwaukee Brewers, misalnya, menggunakan Topeer sebagai mobil bullpen. 

Contoh ini adalah Topper tahun produksi 1963, dan sekarang siap untuk dilelang sebagai bagian dari penjualan sepeda motor Mecum di Las Vegas, Amerika Serikat (AS) bulan depan. 


(UDA)