Industri Otomotif

Moroti Terlalu Mainstream, Shenghuoshen Bikin Motor Roda Sembilan

Ainto Harry Budiawan    •    Jumat, 17 Aug 2018 12:25 WIB
industri otomotif
Moroti Terlalu Mainstream, Shenghuoshen Bikin Motor Roda Sembilan
Motor niaga dengan sembilan roda, akankah hadir di Indonesia? Carnewschina

Beijing: Di Indonesia motor niaga umumnya memliki tiga unit roda yang kerap digunakan untuk berbagai keperluan. Motor ini pun banyak dipakai oleh para pelaku usaha kecil menengah di berbagai daerah.

Namun di Tiongkok, motor niaga ada yang punya sembilan roda dengan tiga sumbu roda. Adalah Shenghuoshen, merek motor yang punya arti api kejayaan Tuhan, dengan tipe SHS175ZH-2.

Motor ini terbilang gila, delapan buah roda berada di belakang. Ini layaknya sebuah truk tiga sumbu. Bak belakang pun bisa dinaikkan dengan sistem hidrolis, agar proses membongkar muatan bisa lebih mudah.

Dituliskan Carnewschina, motor ini mengusung mesin bensin dimana saat ini di Cina kendaraan yang biasa dipakai untuk pertanian ini, sudah bermesin listrik. Mesinnya sendiri 175 cc, silinder tunggal, pendingin cairan.

Dari kubikasi mesin rasanya terlalu kecil, tenaganya disebut antara 10 hingga 20 daya kuda. Kecepatan maksimal yang bisa diraih 60 km/jam saja. Kapasitas tangki 16 liter miliknya bisa menjelajah sejauh 500 kilometer.

Sebagian besar motor niaga di Indonesia kebanyakan mengadopsi teknologi dari Cina. Lalu apakah motor ini kemudian akan diadopsi pula oleh brand motor niaga dari Indonesia, seperti Viar, APP KTM atau Nozomi?


(UDA)