Ekspor Motor

Yamaha Target Ekspor 24 Ribu Unit XMax Tahun ini

Ahmad Garuda    •    Kamis, 20 Apr 2017 17:11 WIB
yamaha
Yamaha Target Ekspor 24 Ribu Unit XMax Tahun ini
Yamaha target bisa mengekspor 24 ribu XMax tahun ini. MTVN/Ahmad Garuda

Metrotvnews.com, Jakarta: Rencana ekspor XMax ke Benua Eropa, bakal cukup masif dilakukan pabrikan Yamaha. Melalui pabrik mereka yang ada di Pulogadung, XMax yang bakal beredar di Eropa, merupakan murni buatan Indonesia. Bahkan Yamaha berani menargetkan angka ekspor yang cukup besar yaitu 24 ribu unit XMax.

Tentunya angka ini lumayan besar untuk motor dengan spesifikasi 250 cc dan memiliki bodi cukup bongsor. Tapi Yamaha melihat kebutuhan motor maxi scooter dengan kapasitas mesin yang sednag, cukup digandrungi di benua tersebut. Namun jumlah ini akan disebarluaskan untuk beberapa negara di Indonesia.

"Kami menargetkan penjualan sebanyak 24 ribu unit tahun ini. Negara tujuan ekspornya adalah Italia, Inggris dan Perancis. Ini cuma tujuan ekspor, tapi tidak menutup kemungkinan menyebar masif di negara-negara Eropa lainnya. Kemudian ke Asia, seperti Taiwan, Turki, Cina, Jepang, Australia dan negara-negara di ASEAN lainnya," klaim Executive Vice President, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Dyonisius Betti.

Dyonisius melanjutkan bahwa dalam proses ekspor yang mereka lakukan selama ini, ada dua kategori. Yaitu mengekspor sepeda motor kategori umum yang juga diproduksi beberapa negara lain. Kemudian kategori kedua adalah ekspor motor global model untuk produk yang memang hanya diproduksi dalam satu pabrik saja. Seperti di pabrik Yamaha Pulogadung.

"Kalau untuk kategori umum, mungkin yang dari Indonesia bisa masuk ke Amerika Selatan, seperti Brasil dan lain-lain. Produk ini juga bisa didapatkan dari Yamaha di Thailand atau Yamaha di Jepang sendiri. Tapi khusus untuk global model yang sudah kami mulai sejak 2014 lalu, itu hanya satu pabrik yang memproduksinya. Satu tipe ini kami ekspor ke seluruh dunia," ujar Dyonisius.

Dyon melanjutkan bahwa produk mereka bisa saja menyebar luas bahkan ke negara-negara non tujuan ekspor. Seperti yang terjadi di Eropa, karena sudah pakai sistem perdagangan babas, maka produk mereka bisa saja ada di mana-mana. Tak heran jika mereka sangat optimis dengan target 24 ribu unit model XMax bakal diminati orang luar negeri.


(UDA)